Search
Now showing items 1-6 of 6
Quality of Arabic Learning in Traditional Islamic Boarding Schools and Modern Islamic Boarding Schools
(Italienisch, Vol. 12, No.2, 2022, pp 505-517, 2022)
This study aims to explain and describe the quality of Arabic learning in Islamic Boarding Schools, which are grouped into book-based or traditionaland Arabic-based Islamic boarding schools as a communication ...
Strategi Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja
(Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo Volume 2 No.3, 2021, 2021)
Penelitian ini berlatar belakang Pondok Pesantren Al-Arsyadi sebagai pondok pesantren unggulan yang ada di Samboja, hal ini dapat di lihat dari beberapa lembaga pendidikan yang ada seperti MTs Ulumuddin, SMA Islam Ulumuddin, ...
Pendidikan Hukum Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits
(MUSHAF JOURNAL : Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis Vol. 1 No. 1 Desember 2021, page 89-102, 2021-12)
The Qur'an as a book of guidance, is full of verses thatregulate the behavior and attitudes of the children of Adam. Not only in terms of the vertical relationship between humans and Allah ...
Syarhul Kutub Al-'Arabiyyah Kajian Kitab Arab Kepada Masyarakat Umum
(TAFANI Jurnal Pengabdian MasyarakatVol.1, No. 2, Desember 2022, 2022-12)
Penanaman nilai agama kepada masyarakat merupakan syarat mutlak untuk mencapai nilai keharmonisan dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan pondasi agar masyarakat tidak keluar dari ...
Strategi Guru Pondok Pesantren Al Husna Dalam Pembelajaran Nahwu
(SIPPG,Vol 1 No 1 (2023): SIPPG, Januari 2023, 1(1), 2023)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa strategi pembelajaran nahwu dan juga faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam proses pembelajaran nahwu pada Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda Sebrang. Dengan ...
Pembinaan Kemampuan Membaca Bahasa Arab pada Kitab Al-Adzkar
(SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2023), 2023)
Manusia bukan semata-mata fisik-material, tetapi di balik itu, ia memiliki dimensi lain, yang dipandang sebagai hakikat manusia seperti dimensi rohaniah (spiritual). Oleh sebab itu, manusia tidak mungkin mampu menjalani ...