Show simple item record

dc.contributor.authorHisyam, Muhammad
dc.date.accessioned2020-03-12T02:37:07Z
dc.date.available2020-03-12T02:37:07Z
dc.date.issued2019-09-11
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/100
dc.description.abstractMuhammad Hisyam, 2019. Strategi Belajar Mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Muhammad Nasir, M.Ag selaku Pembimbing I dan Moh. Nasrun, M.Pd selaku Pembimbing II. Strategi belajar adalah keseluruhan metode dan prosedur yang menitikberatkan pada peserta didik (orang yang belajar) untuk mencapai tujuan tertentu. Termasuk juga dilingkungan mahasiswa. Kelas khusus internasional (KKI) adalah program unggulan dan kelas khusus yang berada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Samarinda. Yang dimana pembelajarannya berbeda dibandingkan kelas-kelas yang lain. Perbedaan yang paling utama adalah banyaknya mata kuliah tambahan dan ada tuntutan untuk menghafal Al-Qur’an, sehingga waktu mereka lebih padat dibandingkan mahasiswa pada umumnya diluar kelas tersebut. Berkaca dibalik banyaknya tuntutan-tuntutan yang ada di KKI, mahasiswa-mahasiswi KKI pun harus sangat bijak dalam menentukan waktu mereka untuk belajar, untuk beristirahat, untuk mengerjakan tugas, untuk tidur dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui strategi belajar mahasiswa KKI di IAIN Samarinda dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau kata-kata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Field Research atau penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswi KKI IAIN Samarinda angkatan 2016. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah strategi belajar mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda adalah: 1) membagi waktu untuk belajar; 2) mencicil tugas; 3) belajar secara berkelompok; 4) mengerjakan tugas di kelas setelah jam kuliah telah usai. Faktor pendukung mahasiswa KKI IAIN Samarinda dalm belajar adalah: 1) orang tua; 2) teman-teman seperjuangan; 3) sarana prasarana; 4) Praktek Kerja Lapangan (PKL) ke luar negeri. Faktor penghambat mahasiswa KKI IAIN Samarinda dalam belajar adalah: 1) bahasa yang digunakan dosen dalam mengajar; 2) cara dosen mengajar di kelas; 3) sulit membagi waktu dalam belajar. Cara mengatasi masalah dalam belajar mahasiswa KKI IAIN Samarinda adalah: 1) bertanya kepada dosen; 2) bertanya kepada teman; 3) memotivasi diri sendiri; 4) dan searching di internet.en_US
dc.subjectSTRATEGI BELAJARen_US
dc.titleStrategi Belajar Mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record