Pengaruh Kedisplinan Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak pada Siswa di MTs DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda
Abstract
Ahmad Syaifudin, 2019. “Pengaruh Kedisplinan Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak pada Siswa di MTs DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir M.SI selaku pembimbing I dan Marniati Kadir, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah Kedisiplinan merupakan ketaatan kepada peraturan dan tata tertib, dengan demikian kedisiplinan dapat mengontrol perilaku peserta didik dikelas agar tercapainya tujuan kegiatan belajar mengajar. Dengan situasi yang kondusif maka proses belajar mengajar yang terjadi dikelas khususnya pada bidang Pendidikan Agama Islam yang berlangusng di kelas berjalan lancar dan efketif sehingga akan dapat menciptakan hasil dan prestasi yang akan di capai oleh peserta didik. Observasi awal yang dilakukan peneliti di sekolah Terdapat beberapa peserta didik yang masih berada diluar kelas pada saat jam pelajaran sudah masuk dan beberapa peserta didik terlihat masih ada yang bermain pada saat jam pelajaran telah berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kedisiplinan di MTS DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda, seberapa besar prestasi di MTs DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda, dan seberapa besar pengaruhnya kedisiplinan terhadap prestasi belajar di MTS DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII dan IX yang berjumlah 173 siswa-siswi, sedangkan teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan stratified random sampling yaitu siswa-siswi kelas VIII dan IX yang berjumlah sebanyak 63 siswa-siswi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus correlation product moment dan menguji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak berada pada kategori cukup (0,531). Besarnya pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dibuktikan dengan perhitungan menggunakan thitung nilai besar 4,894235. Dan nilai thitung setelah diinterpretasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05, untuk db= 63-2= 61 didapatkan nilai ttabel 1,67022. Maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,894235>1,67022. Sedangkan besarnya kontribusi kedisiplin terhadap prestasi belajar akidah akhlak yaitu 28,1% sisanya ditentukan oleh variabel lainnya.