Show simple item record

dc.contributor.authorNi’mah, Nur Wahidatun
dc.date.accessioned2020-03-12T03:06:13Z
dc.date.available2020-03-12T03:06:13Z
dc.date.issued2019-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/102
dc.description.abstractABSTRAK Nur Wahidatun Ni’mah, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik MTs DDI Tani Aman Samarinda”.2019.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda” Penelitian ini dibimbing olehIbu Dr. Hj. Robingatin, M.Agdan IbuSiti Nor Asiah, M.Pd. Peran Guru sangat penting dalam menentukan gerak maju kehidupan bangsa di tengah-tengah lintasan perjalanan zaman dengan teknologi yang kian canggih dan segala perubahan serta pergeseran nilaidengan itu menuntut guru selain mencerdaskan intlektual peserta didik guru harus mampu juga membentuk kecerdasan emosional peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuibagaiman peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kecerdasan emosional peserta didik MTs DDI Tani Aman Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian inimenggunakan studi kasus, yang mana informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, beberapa guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa di MTs DDI Tani Aman Samarinda. Data yang diperoleh melalui uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik MTs DDI Tani Aman Samarinda dapat dikatakan sudah sangat berperan baik karena peran yang dapat dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam sudah sangat maksimal dengan melibatkan siswa secara optimal dalam kegiatan belajar mengajar serta dalam melaksanakan beberapa program sekolah sehingga siswa dapat bersosialisasi dengan baik tanpa memandang harta, fisik, dan jabatan. Mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan yang ada di dalam sekolah maupun di luar sekolah merupakan usaha guru dalam mengembangkan sikap totalitasdan peran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam yakni sebagai pendidik, pembimbing, motivator, fasilitator, dan pengelola kelas sehingga guru Pendidikan Agama Islam dapat membentuk kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan mengelola emosi, kemampuan memotivasi diri dan kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONALen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik MTs DDI Tani Aman Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record