dc.description.abstract | ABSTRAK
Rahayu Wilujeng, 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Ahmad Riyadi, S.S, M.Hum selaku pembimbing I dan bapak Muhammad Sali, Sos. I, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian yaitu kurangnya aktivitas belajar siswa dalam penggunaan media e-learning menggunakan aplikasi whatsapp pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 003 Samarinda. Sehingga guru harus mampu kreatif dan menguasai media pembelajaran e-learning dengan tepat agar menarik, mudah dan tidak membosankan dalam pembelajaraan saat ini yang bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Salah satu aplikasi belajar e-learning terbaik yaitu Google Classroom karena Google Classroom adalah aplikasi belajar terbaik yang digunakan di indonesia dan mempunyai struktur yang sama dengan pembelajaran yang ada pada saat ini sehingga mampu membantu aktivitas dalam belajar dan mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 003 Samarinda.
Jenis Penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Variabel X penggunaan media pembelajaran e-learning menggunakan aplikasi google classroom dan Variabel Y aktivitas belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu selurus siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 003 Samarinda yang berjumlah 687. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas V-A (Kelas Eksperimen) yang berjumlah 30 siswa dan V-C (Kelas Kontrol) yang berjumlah 30 siswa, desain eksperimen yang digunakan yaitu pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan Teknik Pengumpulan yaitu, Observasi, Dokumentasi, dan tes. Statistik yang digunakan untuk membuktikan hipotesis analisis data yaitu two independent sampel t-test.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kelas eksperimen penggunaan media pembelajaran e-learning menggunakan aplikasi google classroom terdapat pengaruh dari pada kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran e-learning aplikasi whatshapp. Hal ini ditandai dari uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test yaitu Sig. (2-tailed) bernilai 0,012. Karena nilai 0,012 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan Ha diterima artinya penggunaan media pembelajaran e-learning menggunakan aplikasi google classroom berpengaruh dalam aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas v di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 003 Samarinda. | en_US |