dc.description.abstract | ABSTRAK
Noni Aprili Jasmine Amanda, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di SMP Negeri 15 Samarinda”, 2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh M.Ag dan Bapak Abdul Razak, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini ialah pada proses pembelajaran guru diberikan tantangan untuk berupaya membangun karakter siswa agar dapat berperilaku rukun terhadap sesama. Keadaan tersebut tidak terlepas dari strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, adanya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru bisa menjadi bentuk tanggung jawab dalam memberikan kesadaran agar para siswa merasa aman berada pada lingkungan yang berisi individu berbeda dengan berbagai latar belakang. Oleh karena itu, alasan peneliti mengambil penelitian ini karena ingin mengetahui apa saja dan bagaimana tahapan strategi guru yang digunakan pada proses pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, yang mana ini bertujuan agar siswa memiliki sikap penerimaan terhadap keberagaman sesama.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian guru PAI dengan jumlah 3 orang yaitu guru PAI kelas VII, guru PAI kelas VIII, guru PAI kelas IX, kepala sekolah dan siswa SMP Negeri 15 Samarinda. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap data hasil penelitian dengan kredibilitas dan menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural di SMP Negeri 15 Samarinda, peneliti menyimpulkan bahwa guru PAI kelas VII, VIII, dan IX membuat terlebih dahulu perencanaan yang dapat digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dipilih menyesuaikan pada berbagai kriteria yang harus terlebih dahulu diperhatikan oleh guru PAI menggunaan strategi dalam proses pengajaran untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, beberapa strategi pembelajaran nya yaitu strategi pembelajaran kooperatif dalam penanaman nilai toleransi, strategi ekspositori dalam penanaman nilai aktif, dan strategi berbasis pada masalah dalam penanaman nilai kemanusiaan. Pada strategi tersebut juga sudah terlaksana dengan baik untuk dapat dipergunakan sebagai bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural yang mana ini terlihat dari bagaimana cara guru PAI memberikan contoh kepada siswa, dari hal tersebutlah para siswa mendapatkan pemahaman tentang bagaimana menanggapi perbedaan yang ada pada lingkungannya. Hal tersebut juga tercermin dari karakter siswa yang baik dalam bersosialisasi serta bergotong royong dalam proses pembelajaran maupun dalam lingkungan sekolah. | en_US |