Pembelajaran al-Qur’an bagi siswa TPA Al-Amin Loa-Kulu
Abstract
ABSTRAK
M Arif Rahman, 2021. Skripsi “Pembelajaran al-Qur’an bagi siswa TPA Al-Amin Loa-Kulu”. Dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI sebagai Pembimbing pertama dan Syarifathurrahmatullah, M.Pd. sebagai Pembimbing kedua.
Kajian ini dilatar belakangi oleh pentingnya memperhatikan dan mempelajari cara membunyikan huruf al-Qur’an terutama bagi pelajar pemula agar tidak terjadi kesalahan selanjutnya sehingga tidak menghambat proses pembelajaran, dan apabila terdapat kesalahan cara membunyikan atau mengucapkan hurufnya maka akan terjadi perbedaan makna atau kesalah pahaman makna. Perihal ini dimaksudkan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an bagi siswa di TPA Al-Amin Loa-Kulu dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan membaca alQuran anak di TPA Al-Amin Loa-Kulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ini adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa TPA Al-Amin Loa Kulu, Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan deskriptif Kualitatif Trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran TPA Al-Amin Loa Kulu bagi peserta didik dalam pembelajaran al-Quran memiliki kesulitan dalam pengucapan makhaj huruf yang disebabkan: belum mengetahui cara pengucapan jenis-jenis huruf, cara membedakan huruf yang benar, kurang latihan membaca khuruf dan kurang melatih tahsin bacaan huruf dalam sebuah kalimat. baik maka akan diberikan nasihat yang akan memberikan sentuhan hati dan jiwa kepada siswa tersebut.