Peran Guru dalam Kemandirian Belajar di Masa Covid-19 Bagi Siswa di MTs DDI Karya Baru
Abstract
ABSTRAK
Fitri Ramadani. “Peran Guru dalam Kemandirian Belajar di Masa Covid-19 Bagi Siswa di MTs DDI Karya Baru, 2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin, M. Ag dan Bapak H. Susanto, LC, M. Pd.I.
Yang melatar belakangi penelitian ini adalah Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga sikap mandiri ini penting dimiliki oleh siapa saja yang ingin mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru dalam Kemandirian Belajar di Masa Covid-19 Bagi Siswa serta mengetahui apa yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di masa covid-19.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian adalah di sekolah MTs DDI Karya Baru dengan informasi yaitu guruguru dan siswa-siswi di MTs DDI Karya Baru.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tentang peran guru dalam kemandirian belajar di masa covid-19 bagi siswa di MTs DDI Karya Baru yaitu melatih kemandirian belajar pada anak usia MTs. Hal tersebut dilakukan untuk membentuk kemandirian siswa yang sangat penting untuk diberikan dan tidak hanya memberikan perhatian tetapi guru memiliki peran untuk lebih mendidik siswa agar siswa dapat disiplin dalam pembelajaran, membimbing siswa agar siswa dapat lebih mudah dalam memahari pembelajaran, memotivator siswa yaitu memberi dorongan agar siswa tetap semangat dalam belajar dan menjadi fasilitator kepada siswa yaitu menjadi perantara kepada siswa melalui peroses pembelajaran. Serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi setiap siswa merupakan salah satu cara agar siswa dapat meningkatkan kemandirian belajar dengan cara mencari solusi dari masalahnya sendiri.