dc.description.abstract | ABSTRAK
Sarni Dwi Yanti, 2019.“Korelasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Perilaku Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Yahya, M. Pd selaku pembimbing I dan Ibu Lina Revilla Malik, M.Si selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah perilaku siswa yang saat ini membutuhakan perhatian dari berbagai pihak baik keluarga maupun sekolah. Dimana saat ini masih banyak siswa yang belum mentaati tata tertib sekolah, bolos sekolah pada saat jam pembelajaran berlangsung, terlambat masuk sekolah, tidak memakai seragam sekolah sesuai dengan hari yang ditetapkan, suka berbohong, bertengkar atau berkelahi dengan temannya ketika jam istirahat, merokok, berbicara kotor, serta mengambil barang milik orang lain padahal pembelajaran akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang membahas tentang ajaran agama Islam dalam segi akidah dan akhlak yang membentuk perilaku peserta didik untuk berakhlak mulia, sopan dalam bicara, bertindak bijaksana, beradab mulia dalam tingkah laku, memegang teguh perangai yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya korelasi pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku siswa di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda yang berjumlah 363 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknikprobability sampling denganjenisStratified random samplingyaitu sebanyak 78 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product momentdan diuji hipotesis dengan rumus uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product momentdiperoleh angka sebesar 0.516 angkatersebutberadadalam interval antara0.400-0.599, angkatersebutberarti “sedang/cukup”. Sedangkan sumbangan (koefisien determinasi) variabel X terhadap variabel Y sebesar 26,70%, yang berarti 73,30% perilaku siswa masih berhubungan dengan variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Sehingga penulis menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup singnifikan antara pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku siswa di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda. Selanjutnya dari hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 5,254 dan thitungakan di intrepetasikan dengan nilai ttabelpada taraf kebenaran 5% dan tingkat derajat kebebasan (db) n-2= 78-2 = 76, didapatkan ttabel 1,665. Maka dapat disimpulan bahwa thitung = 5,254 > ttabel =1,665 yang berarti Ha yang penulis ajukan diterima | en_US |