Korelasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Perilaku Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nor Hasanah, “Program LiterasiAlquranPada SMA Negeri 2 Samarinda”, 2019.Skripsi, Program StudiPendidikan Agama Islam (PAI) JurusanPendidikan Islam FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanInstitutAgamaIslamNegeri(IAIN)Samarinda”.Penelitianinidibimbingoleh Dr. Iskandar, M.Ag, dan H. Susanto, Lc, M.Pd.
Latarbelakangpenelitianiniadalahkurangnyaminatbacasiswa di Indonesia menjadiperhatiankhususdariKementrianPendidikandanKebudayaan, sehinggaditerbitkanPeratuanMenteriPendidikandanKebudayanNomor 23 Tahun 2015 tentangpertumbuhanbudipekerti, padaperaturaninidiaturbentuk-bentukkegiatanwajibdanpembiasaanumum, salahsatunyaadalahmembacabuku non-pelajaran, seperti novel,komik, alqurandansebagainya. Sekolahbebasuntukmengaturjalannyakegiatanpembiasaantersebut.Untukmembangunsertamembentukpribadisiswa yang mencintaialquransertamengembangkankemampuansiswadalammembacaalquran, SMA Negeri 2 SamarindamenjalankanPeraturanMenteriPendidikandanKebudayaaninidenganmengadakan program literasialquransetiapharinya, selainkarenamembacaalquranitusuatukewajibanumatmuslim, membiasakansiswadalammembacaalquranjugamembantusiswauntukmengikutimatapelajaranPendidikan Agama Islam.
Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodedeskriptifkualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasi,wawancara,dandokumentasi.Adapunteknikanalisis data yang digunakanyaitudilakukandengantigatahapreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.Lokasipenelitianadalah di SMA Negeri 2 SamarindadengannarasumberKepalaSekolah, Guru SMA Negeri 2 Samarinda, danbeberapa Siswa SMA Negeri 2 Samarinda, yang telahdipilihsebagaiperwakilan.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa SMA Negeri 2 Samarindatelahmelaksanakan program literasialquranjauhsebelumditerbitkannyaperaturandariKementrianPendidikandanKebudayaan, dandalammengembangkankemampuanmembacaalquransiswa, di SMA Negeri 2 Samarindatelahmenjalankan program literasiinisesuaidenganpedoman yang ada, yaitudengantigatahapan, yang pertamatahappembiasaan, yang keduatahappengembangan, dan yang ketigatahappembelajaran.