Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 15 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Jainul Mubari. 2020. “Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 15 Samarinda”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. M. Said Husin, MA sebagai pembimbing pertama dan Dr. Husni Idris, M. Pd sebagai pembimbing kedua.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ada di SMP Negeri 15 samarida yang memiliki masalah dalam penerapan model-model pembelajaran, dimana guru belum sepenuhnya menerapkan model-model pembelajaran yang seharusnya diterapkan agar membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan dapat menyerap pembelajaran dengan baik sehingga hasil belajar siswa menjadi tidak tercapai. Peneliti meyakini dengan menerapkan metode Problem Solving dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan lebih mudah menyerap pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dari implementasi metode problem solving pada mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 15 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimental yang berfokus pada kegiatan di kelas. Sampel yang diteliti adalah 61 responden dari siswa kelas VII I dan VII J. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi, dan test (pre-test dan post-test). Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan rumus analisa Uji Normalitas, Homogenitas, dan Uji “t”.
Prolehan skor posttes yang didapatkan setelah dilakukan penerapan metode problem solving pada kelas eksperimen didapatkan nilai rata – rata (mean) yaitu sebesar 78,60 dan skor posttes pada kelas kontrol setelah diterapkan metode konfensional yaitu sebesar 63,56. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa yang diberikan pemebelajaran menggunakan metode problem solving lebih tinggi dari pada yang di berikan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Hal ini juga dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji independent t-test bahwasanya diperoleh nilai sig. (-2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < dari 0,05, maka dapat dipastikan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari implementasi pembelajaran metode problem solving pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 15 Samarinda.