Show simple item record

dc.contributor.authorAnggeriani, Ria
dc.date.accessioned2022-01-27T05:35:10Z
dc.date.available2022-01-27T05:35:10Z
dc.date.issued2021-11-02
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1132
dc.description.abstractABSTRAK Ria Anggeriani, 2021. “Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory Studi Kasus PT. Bank Muamalat Indonesia Periode 2019-2020”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Parno, S.E, M.SI dan Angrum Pratiwi, M.E.I. Salah satu yang menjadi perhatian Bank Muamalat Indonesia terhadap pelaksanaan pertanggungjawaban sosial (Corporate Social Responsibility) tidak hanya bertujuan dalam pencapaian keuntungan semata dan tidak hanya bertanggung jawab terhadap shareholder (pemegang saham), tetapi ada beberapa pihak lain yang terdapat dalam pengungkapan Shariah Enterprise Theory: pertanggungjawaban kepada Allah (akuntabilitas vertikal) dan pertanggung jawaban kepada manusia dan alam (akuntabilitas horizontal). Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengungkapan aktivitas pertanggungjawaban sosial Bank Muamalat Indonesia dan melihat kesesuaian dengan konsep Shariah Enterprise Theory. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan Content analysis. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari laporan keuangan tahunan Bank Muamalat Indonesia periode 2019-2020 yang telah dipublikasikan di website resmi Bank Muamalat Indonesia. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik dokumentasi dari laporan keuangan dan teknik kepustakaan dari library research dan internet research. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis laporan Corporate Social Responsibility untuk mencari tingkat pengungkapan Corporate Social Responsibility yang sesuai dengan konsep Shariah Enterprise Theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Muamalat Indonesia sudah melaksanakan kelima sub item Shariah Enterprise Theory, yaitu akuntabilitas vertikal kepada Allah. Akuntabilitas horizontal kepada nasabah, karyawan, komunitas, dan alam. Pada tahun 2019 predikat informatif dengan memperoleh skor 77% dan 75% dengan predikat informatif pada tahun 2020. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Bank Syariah, Shariah Enterprise Theoryen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectCorporate Social Responsibility, Bank Syariah, Shariah Enterprise Theoryen_US
dc.titlePengungkapan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory Studi Kasus PT. Bank Muamalat Indonesia Periode 2019-2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record