Pengaruh Pembelajaran Aktif Program PINTAR Tanoto Foundation Terhadap Kualitas Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Eli Wulandari, 2021 “Pengaruh Pembelajaran Aktif Program PINTAR Tanoto Foundation Terhadap Kualitas Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Samarinda”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya program “Pintar” Tanoto Foundation yaitu pembelajaran aktif yang menerapkan unsur MIKiR yang diadakan di lima MI Mitra dengan tujuan meningkatatkan kualitas pendidikan di jenjang sekolah dasar atau Madrasah. Sehingga peneliti ingin mengetahui pengaruh pembelajaran aktif program PINTAR Tanoto Foundation terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) kota Samarinda. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana pembelajaran aktif program PINTAR Tanoto Foundation di Madrasah Ibtidaiyah (MI) kota Samarinda, bagaiman kulaitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) kota Samarinda dan adakah pengaruh pembelajaran aktif program PINTAR Tanoto Foundation terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) kota Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah seluruh pendidik yang ada di MI 5 Mitra antara lain: MI Ma‟arif NU 001, MI Ma‟arif NU 003, MI DDI Tani Aman, MI Arraudah dan MI Sullamul Hidayah yang berjumlah 60 pendidik.Teknik pengumpulan data melalui kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data melalui uji validitas dan uji reabilitas. Selanjutnya teknis analisis data menggunakan korelasi koefisien dengan rumus korelasi poduct moment.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran aktif program PINTAR Tanoto Foundation di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Samarinda dikatagorikan sangat baik dengan nilai μ = 53,56. (2) kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Samarinda dikatagorikan sangat baik dengan nilai μ = 58,15. (3) Pembelajaran aktif memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Samarinda, Berdasarkan hasil perhitungan dengan analisis rumus korelasi product moment didapat nilai koefisien korelasi sebesar 0,402 yang artinya pembelajaran aktif memiliki pengaruh cukup kuat terhadap kualitas pembelajaran. Kemudian berdasarkan perhitungan uji t nilai yang didapat sebesar 3,348, dengan signifikansi 0,05 menunjukkan ttabel sebesar 1,6564 sehingga thitung lebih besar dari ttabel (3,348 > 1,6564) berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran aktif terhadap kualitas pembelajaran. Selanjutnya melalui perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebasar 16,2%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa pembelajaran aktif berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran dengan nilai kontribusi sebesar 16,2% dan 83,8% dipengaruhi oleh variabel lain.