Show simple item record

dc.contributor.authorOctavianie, Andhita
dc.date.accessioned2022-02-02T07:22:09Z
dc.date.available2022-02-02T07:22:09Z
dc.date.issued2021-06-09
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1178
dc.description.abstractABSTRAK Andhita Octavianie, 1720100031. “Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati bagi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara”. Tesis ini di bawah bimbingan Dr. Mursalim, M.Ag selaku Pembimbing I dan Dr. Khojir, M.SI selaku Pembimbing II. Penelitian ini berawal dari beberapa fenomena siswa yang sudah berhasil menyelesaikan metode tilawati ditemukan bahwa ada sebagian siswa yang selesai tepat waktu dan ada sebagian lagi dari siswa yang tidak menyelesaikannya dengan tepat waktu. Kemudian banyaknya kesulitan siswa yang semulanya tidak memiliki lagu atau tingkatan nada berubah menjadi bernada. Dari fenomena tersebut tersebut maka ada ketertarikan untuk melakukan penelitian tentang evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati bagi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati bagi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field work research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah 17 orang informan yang terdiri dari 10 Pengampu Tilawati Kelas Putra dan 7 Pengampu Tilawati Kelas Putri. Adapun pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan uji keabsahan data menggunakan uji perpanjangan pengamatan dan uji peningkatan ketekunan. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati bagi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara ialah, Pertama, evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong ada tiga, yaitu, a) Pretes; b) Evaluasi Harian; dan c) kenaikan jilid. Kedua, kelebihan pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong yaitu: a) Adanya sistem pembelajaran klasikal dan individual dengan teknik baca simak; b) Menggunakan media pembelajaran yang menarik; c) Pengelolaan kelas bertujuan; d) Siswa pada jilid 2 dan seterusnya sudah mampu membaca secara tartil (dengan lagu rost dasar); e) Siswa dapat naik jilid secara bersama-sama dalam satu periode pembelajaran dengan kualitas bacaan yang standar; f) Memiliki hapalan dasar dengan menggunakan nada rost. Adapun kelemahannya yaitu: a) Tidak memakai MP3 lagu rost tilawati jilid satu sampai dengan jilid lima; b) Belum menggunakan VCD pembelajaran tilawati; c) Siswa agak sulit dalam menerapkan metode rost tiga tingkatan nada akhirnya kembali ke model bacaan iqra’; d) Jumlah rombongan belajar yang tidak sesuai dengan jumlah siswa; e) Durasi waktu hanya 45 menit saja; f) Ujian kenaikan jilid belum sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectEvaluasi, Pembelajaran, Al-Qur’an, Metode Tilawatien_US
dc.titleEvaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati bagi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record