Show simple item record

dc.contributor.authorKholidawati, Emi Noor
dc.date.accessioned2022-02-03T23:43:50Z
dc.date.available2022-02-03T23:43:50Z
dc.date.issued2020-11-11
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1188
dc.description.abstractABSTRAK Emi Noor Kholidawati, Manajemen Stratejik dalam Pengembangan Moderasi Pendidikan Islam di SMP Islam Terpadu Cordova Samarinda.2020.Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr.H.M. Tahir, S.Ag,MM selaku pembimbing I dan Dr.Hj. Ity Rukiyah, M.Si selaku pembimbing II Latar belakang penelitian ini ialah himbauan menggalakan moderasi pendidikan Islam semata-mata bukan hanya ditujukan untuk sekolah yang berada dibawah naungan Kementerian Agama secara umum, melainkan menjadi tanggung jawab semua lembaga pendidikan dalam menanamkan rasa kebersamaan dan juga menghargai keberagaman, hal tersebut merupakan nilai utama dari moderasi pendidikan Islam yang mengajarkan bahwa seorang muslim dapat menjadi pribadi yang baik dalam iman, ibadah dan akhlak. Sehingga moderasi pendidikan Islam dapat diimplementasikan pula oleh sekolah yang berada di bawah binaan Dinas Pendidikan Kota Samarinda, secara khusus pada SMPIT Cordova yang didirikan dibawah organisasi jaringan Islam terpadu yang merupakan sekolah dengan memadukan pola pembelajaran umum dan agama dalam satu kurikulum. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui manajemen stratejik dalam pengembangan moderasi pendidikan Islam di SMPIT Cordova dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengembangan moderasi pendidikan Islam yang diupayakan pelaksanaanya oleh SMPIT Cordova Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum, kesiswaan, guru BK, wakil humas, dan pengurus yayasan. data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi, penyajian dan verifikasi, sedangkan pengecekan keabsahan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan moderasi pendidikan Islam di SMPIT Cordova dilakukan melalui empat tahapan manajemen stratejik pada pelaksanaanya, yakni sebagai berikut : 1) analisis lingkungan dilaksanakan dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang berkaitan dengan moderasi pendidikan Islam, 2) formulasi stratejik dilaksanakan dengan mengikuti tahapan formulasi yang disesuaikan dengan hasil analisis lingkungan, 3) implementasi stratejik dilakukan mengikuti proses dengan menghasilkan program kerja serta pengembangan yang berkaitan dengan upaya SMPIT Cordova dalam mewujudkan program moderasi pendidikan Islam, 4) evaluasi stratejik dilakukan dengan cara meninjau ulang analisis lingkungan serta mengadakan koreksi dan mencari solusi terhadap program kegiatan. Faktor pendukung pada program moderasi ialah : adanya peran guru dan karyawan sebagai contoh teladan bagi peserta didik, dukungan orang tua dan yayasan serta alumni. Sedangkan faktor penghambat yakni : kekurangan tenaga pengajar yang berlisensi, tuntutan layanan, dan menjaga kedisiplinan baik guru dan juga peserta didik.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectManajemen, Stratejik, Moderasien_US
dc.titleManajemen Stratejik dalam Pengembangan Moderasi Pendidikan Islam di SMP Islam Terpadu Cordova Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record