Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak Dan Lagu di Kelompok B Taman kanak-Kanak Raudhatul Jannah Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Astika, 2021, Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak Dan Lagu di Kelompok B Taman kanak-Kanak Raudhatul Jannah Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Di bawah Bimbingan oleh Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Nurwati, M.Pd sebagai dosen pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian adalah kurangnya kemampuan motorik kasar pada anak dalam melakukan gerakan kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan, di dalam kelas dari empat belas anak hanya 5 orang atau (33%) yang mampu melakukan gerakan tersebut. Hal ini disebabkan penyajian kegiatan dalam bentuk gerak kurang bervariasi dan kurangnya alokasi waktu karena ada lima pengembangan dasar yang harus diberikan kepada anak usia dini. Karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang optimal tanpa menggunakan gerak yang melibatkan semua tubuh sehingga permainan yang berkaitan dengan metorik kasarpun kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Taman KanakKanak Raudhatul Jannah Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, tiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Dan penelitian diperoleh dari pengumpulan data instrument melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.Data hasil penelitian dianalisis dengan mneggunakan metode analisis statistik deskriptif. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Raudhatul Jannah, Jl.P.Suryanata Gg. Berkah No.169. Subyek penelitian adalah 14 anak di kelompok B terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui gerak dan lagu dengan ketuntasan belajar siklus I sebesar 52% dengan kriteria cukup, dilanjutkan dengan ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 80% dengan kriteria baik. Dilanjutkan kembali ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 95% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Raudhatul Jannah Samarinda. Berdasarkan acuan diatas, maka peneliti menyarankan agar guru menerapkan kegiatan gerak dan lagu dalam meningkatkan motorik kasar anak.