Show simple item record

dc.contributor.authorMahmudah, Imil
dc.date.accessioned2022-02-14T06:12:00Z
dc.date.available2022-02-14T06:12:00Z
dc.date.issued2021-10-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1205
dc.description.abstractABSTRAK Imil Mahmudah, 2021. “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Negeri 2 Balikpapan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Fathul Jannah, M.SI sebagai pembimbing I dan Bapak Abdul Basith, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah MTs Negeri 2 Balikpapan merupakan sekolah yang memegang peran penting dalam pembelajaran Aqidah Akhlak yang mana sudah mencantumkan dalam misi sekolah yaitu “menanamkan keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia melalui pengamalan agama”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi guru Aqidah Akhlak di MTs Negeri 2 Balikapapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru Aqidah Akhlak dan siswa MTs Negeri 2 Balikpapan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 2 Balikpapan adalah dalam menyusun tahap ajar guru menyusun tujuan pembelajaran dengan mencakupkan semua ranah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, kompetensi dasar dan indikator yang sudah disusun guru adalah dengan menentukan kata kerja operasional yang bisa diamati dan diukur. Media/alat yang digunakan oleh guru adalah PPT, video pembelajaran media ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adapun sumber belajarnya yang disusun adalah buku, internet dan lingkungan dengan menggunakan ini menambahkan wawasan siswa secara luas dan mendalam. Evaluasi yang disusun adalah penilaian autentik assesmen dengan menggunkan ini bisa memantau proses pembelajaran siswa dan perbaikan hasil belajar demi kemajuan proses belajar mengajar dan menanamkan akhlak mulia kepada siswa. Penggunakan model pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 2 Balikpapan guru menggunakan model discovery learning dan model problem based learning. Siswa dilatih untuk dapat mengembangkan potensi intelektual, mengembangkan motivasi memandu siswa lebih percaya diri dan terampil menemukan dan memecahan masalah.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Guru, Pembelajaran, Aqidah Akhlaken_US
dc.titleStrategi Guru Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Negeri 2 Balikpapanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record