Strategi Pembelajaran Menghafal Al–Qur’an juz 30 di Taman Pendidikan Qur’an Al–Isro Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Yuli Anjarwati, 2020 “ Strategi Pembelajaran Menghafal Al–Qur’an juz 30 di Taman Pendidikan Qur’an Al–Isro Samarinda”, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Pendidikan Islam (Pendis) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda (IAIN) Penelitian ini dibawah bimbingan bapak H.Ahmad Riyadi, SS,M.Hum sebagai Pembimbing I dan bapak Susanto,M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Latar belakang peneliti memulai penelitian ini adalah banyaknya santri yang merasa kesulitan terutama dalam menghafal Qur’an terutama pada saat mendapatkan ayat yang sama sehingga menyebabkan santri membacakan surah yang berlainan, dan juga banyak dari santri yang masih kesulitan dalam menghafal ayat akhir, menyambung ke surah selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran menghafal Qur’an Juz 30 peneliti memilih TPQ Al–Isro sebagai tempat penelitian dikarenakan setiap tahunya TPQ tersebut telah meluluskan santriwan dan satriwati yang hafal juz 30 selain itu TPQ tersebut merupakan TPQ yang pertama kali berdiri di Samarinda sejak tahun 1997 yang menggunakan system Qiroa’ti dibuktikan dengan adanya akt notaris
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif sumber data dalam penelitian ini adalah 10 orang guru dan satu admin dan beberapa santri yang berada di kelas tahfidz, tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi selanjutnya untuk menjawab rumusan masalah peneliti menggunakan tehnik triangulasi Analisis yang digunakan peneliti adalah trianggulasi karna merupakan tehnik pemeriksaan data dengan memanfaatkan sesuatu di luar data untuk keperluan pengecekan data, peneliti menggunakan tiga macam trianggulasi yang pertama trianggulasi sumber data yan berupa informan ditempat, peristiwa dan dokumen yang memuat data yang dimaksud, yang kedua trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang bersal dari wawancara, observasi, dan dokumen mengecek data yang sama namun dengan alat yang berbeda.
Hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan di TPQ Al–Isro berupa tikrar, tahsin, tasmi’, murojaah Adapun factor pendukung di TPQ Al-Isro adalah semngat anak-anak, kemampuan membaca Al-Qur’an, motivasi dari guru dan orang tua dan pemberian strategi yang variatif dan faktor penghambat dalam menghafal Qur’an di TPQ Al-Isro antara lain handphone, rasa malas, kurangnya komunikasi dan kerja sama dengan orang tua.