dc.description.abstract | ABSTRAK
Windayanti, 2021.“Pelaksanaan Model Pembelajaran Sentra Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Di TK Gelatik II Muara Jawa Kutai Kartanegara”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M. M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Dwi Nur Aini Dahlan, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar Belakang penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran sentra di TK Gelatik II Muara Jawa, meski sudah terlaksana model pembelajaran sentra disekolah tersebut akan tetapi masih ada yang belum optimal. Oleh karena itu penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran informasi yang akurat tentang model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini di TK Gelatik II Muara Jawa Kutai Kartanegara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam pelaksanaan model pembelajaran sentra yang diselenggarakan oleh TK Gelatik II Muara Jawa. Penelitian difokuskan pada pelaksanaan model pembelajaran sentra.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru TK Gelatik II Muara Jawa. Untuk mengumpulkan data penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa teknik, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa data dari hasil penelitian penulis menggunakan langkah-langkah analisis data secara garis besar menjadi 4 tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perencanaan pembelajaran yaitu: a) Indikator, b) Program Semester (Promes), c) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan d) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Pelaksanaan pembelajaran sentra melalui 4 pijakan yaitu: 1) pijakan lingkungan main, 2) pijakan sebelum main, 3) pijkan saat main dan 4) pijakan setelah main, Sentra-sentra yang ada di TK Gelatik II Muara Jawa ada 5, diantaranya 1) sentra persiapan, 2) sentra balok, 3) sentra bahan alam, 4) sentra imtaq dan 5) sentra seni. Evaluasi pembelajaran menggunakan 3 penilaian yaitu, 1) checklist, 2) catatan anekdot dan 3) hasil karya anak. Faktor pendukung yang mempengaruhi pelaksanaan model pembelajaran sentra di TK Gelatik II Muara Jawa yaitu: a) guru yang menjalankan model pembelajaran sentra, b) kerjasama guru dan orang tua anak di TK Gelatik II yang baik dan c) alat dan bahan yang dibuat guru, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) kurangnya alat dan bahan yang digunakan dan b) anak tidak fokus memperhatikan pembelajaran berlangsung. Sentra yang sangat dapat mengembangkan kemampuan sosial adalah sentra balok karena bisa menstimulasi kerjasama, empati dan membagi. Contohnya anak mampu berkerjasama dalam membuat bentuk sekolah dari balok kayu, anak mampu berempati dalam menyusun bangunan sekolah dari balok kayu untuk meminta bantuan kepada temannya dan anak mampu membagi mainan kepada temannya untuk membuat dan menyusun bangunan sekolah dari balok kayu. | en_US |