PengaruhِPenggunaanِE-learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI DDI Tani Aman Cabang Loa Janan
Abstract
ABSTRAK
Marhamaِ Askar,ِ2021.ِ“Pengaruh Penggunaanِ E-learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI DDI Tani Aman Cabang Loa Janan”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Wahadatun Nisa, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Arsinah, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini ialah minat belajar siswa di Mi DDI Tani Aman yang tergolong rendah Khususnya pada mata pelajara Sejarah Kebudayaan Islam karena Peralihan cara pembelajaran dari pembelajaran di sekolah menjadi pembelajaran di rumah saja, memberikan dampak terhadap keberhasilan belajar dan keaktifan belajar siswa di MI DDI Tani Aman cabang Loajanan ilir, adanya pemanfaatan media aplikasi bersasis E-learning seperti whatsapp, youtube dan google classroom dalam pembelajaran diharapkan dapat membantu guru memantau perkembangan dan mengarahkan siswa dalam proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah peneliti ingin mengetahui seberapa besar Pengaruh Penggunaan E-learning Terhadap Minat Belajar Siswa di MI DDI Tani Aman Cabang Loa Janan pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh Penggunaan E-learning terhadap Minat Belajar Siswa di MI DDI Tani Aman Cabang Loa Janan pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi sebanyak 549 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 44 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan data uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji korelasi product moment, uji T dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan E-learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI DDI Tani Aman Cabang Loa Janan, dengan menggunakan uji normalitas, hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh hasil thitung > ttabel (2,291 > 1,680) yang artinya Ha diterima, kemudian korelasi product moment mendapati hasil sebesar 0,318 dengan taraf signifikansi 5%. Artinya jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi r berada diantara 0,20 – 0,399 berada pada taraf “Rendah”. Hasil koefisien determinasi sebesar 10,1%. maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Penggunaan E-learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI DDI Tani Aman Cabang Loa Janan sebesar 10%, membuktikan bahwa pengaruh penggunaan E-learning terhadap minat belajar siswa di MI DDI Tani aman dalam kategori rendah.