Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 06 Loa Janan Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Jumriani, 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 06 Loa Janan Kutai Kartanegara”. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, S.PD, S.IPI., M.Pd. dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Keputusan pemerintah melalui surat Surat Edaran Nomer 4 tahun 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menerbitkan Surat tentang pelaksanaanPendidikan didalam masa darurat Corona virus Disease (Covid-19) belajar dari rumah melalui pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan jaringan atau jajaring web. Di SMPN 06 Loa Janan telah melaksanakan pembelajaran daring melalui aplikasi Whattsapp dan Google Classroom. Kedua aplikasi tersebut merupakan pembelajaran yang memudahkan dalam proses pembelajaran dari rumah, adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 06 Loa Janan kutai kartanegara.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, Adapun populasinya yaitu seluruh siswa SMPN 06 Loa Janan sebanyak 91 siswa, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, melalui kriteria 1. Kelas yang aktif mengikuti pembelajaran menggunakan google classroom dan whattsapp, 2. Kelas yang terbiasa menggunakan sistem pembelajaran daring, sehingga yang menjadi sampel kelas IX berjumlah 27 siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, angket serta dokumentasi. Untuk menganalisa data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment.
Setelah dilakukannya analisa data bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa di sekolah Menengah Pertama Negeri 06 Loa Janan dengan analisis yaitu sebesar= 0,324. Jika hasil analisa ini diinterpretasikan maka berada pada nilai diantara 0,20-0,399 yang berarti terdapat pengaruh rendah. Hipotesis yang penulis ajukan “ terdapat pengaruh pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 06 Loa Janan “ di terima hal ini dibuktikan dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh dengan nilai thitung=1,712370 > ttabel = 1,703288 sehingga H0 ditolak dan Hα diterima dengan nilai koefisien korelasi (r)=0,342. Adapun besar pengaruh pembelajaran daring dalam pembelajaran pedidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa 10,49% dan sisanya 80,51% di pengaruhi oleh variabel lain.