Show simple item record

dc.contributor.authorOktavia, Arsiana
dc.date.accessioned2022-02-22T03:48:42Z
dc.date.available2022-02-22T03:48:42Z
dc.date.issued2021-06-25
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1221
dc.description.abstractABSTRAK Arsiana Oktavia , 2021. “Pengembangan Kognitif dengan Pendekatan Literasi pada Anak Usia 4–5 Tahun di TK Samarinda.” Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag dan Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI. Penelitian ini didasari oleh harapan pendidikan dapat meningkatkan pengembangan kognitif dengan pendekatan literasi dapat berkembang dengan baik. Jika aspek kognitif dikaitkan dengan pembelajaran pendekatan literasi ini maka anak akan mampu memiliki pemahaman teks, merespons pertanyaan, dan mengulang dengan standar pengembangan kognitif TK Khalifah menggunakan kurikulum franchise yang disediakan oleh pusat, TK Tunas Ilmu dan PAUD Puri Kencana menggunakan Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan kognitif usia 4-5 tahun melalui pendekatan literasi di TK Samarinda.(2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pengembangan kognitif usia 4-5 tahun dengan pendekatan literasi di TK Samarinda (3) Untuk mendeskripsikan hasil pengembangan kognitif anak usia 4-5 tahun dengan pendekatan literasi di TK Samarinda. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskritif dengan penelitian langsung dan mengumpulkan data yang ada di lapangan Penelitian ini dilaksanakan dikelas A usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Khalifah, Taman Kanak-Kanak Tunas Ilmu dan PAUD Puri Kencana Samarinda dengan responden terdiri dari kepala sekolah, guru dan anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan Keabsahan data penelitian ini didasarkan pada teknik yang dikemukakan oleh Moleong & Ibrahim yaitu pengamatan lapangan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengembangan kognitif usia 4-5 tahun dengan pendekatan literasi meliputi pemahaman teks,merespons pertanyaan dan mengulang. 2) Pelaksanaan pengembangan kognitif usia 4-5 tahun dengan pendekatan literasi meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan guru terdiri dari tujuan pembelajaran, perangkat pembelajaran, materi kegiatan, sumber ajar, media pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan penutup. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan terdiri dari metode cerita, bernyanyi, bermain serta tanya jawab. 3) Penilaian pengembangan kognitif usia 4-5 tahun dengan pendekatan literasi meliputi observasi, penilaian harian (BB, MB, BSB, dan BSH) ,tanya jawab,unjuk kerja dan hasil karya.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPengembangan, Kognitif, Pendekatan, Literasien_US
dc.titlePengembangan Kognitif dengan Pendekatan Literasi pada Anak Usia 4–5 Tahun di TK Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record