Pengaruh Keteladanan Orang Tua Terhadap Perilaku Siswa Di MTs Muslimin Indonesia Center Samarinda
Abstract
ABSTRAKAinul Maulana Akbar, 2021. “Pengaruh Keteladanan Orang Tua Terhadap Perilaku Siswa Di MTs Muslimin Indonesia Center Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Ahmad Riyadi,S.S.M.Hum selaku dosen pembimbing 1 dan Bapak Abdul Razak,M.Pd selaku dosen pembimbing II
Keteladanan orang tua adalah hal yang penting bagi masing-masing anak yang akan membentuk perilaku anak tersebut karena anak mendapatkan pendidikan pertama yaitu pada orang tuanya masing-masing karena disekolah anak mendapatkan pendidikan namun dalam hal ini tidak sedikit orang tua yang masih kurang dalam memberikan keteladanan kepada anak-anaknya salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu orang tua sibuk bekerja sehingga kurangnya anak mendapatkan keteladanan dari orang tuanya yang berpengaruh terhadap perilaku siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh keteladanan orang tua terhadap perilaku siswa di MTs Muslimin Indonesia Center Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTs Muslimin Indonesia Center Samarinda yang berjumlah 32 orang dengan mengambil sampel seluruh kelas VIII sebagai objek penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik populasi sampel karena populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan Uji Korelasi Product Moment, Uji t, dan Uji Koefisien Determinasi.Teknik keabsahan data uji validitas menggunakan 30 responden dengan jumlah keseluruhan butir pernyataan angket variabel X keteladanan orang tua dan Y perilaku siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diketahui bahwa keteladanan orang tua memberikan keteladanan kepada siswa frekuensi terbanyak pada kategori selalu yakni 90,62% sedangkan untuk perilaku siswa di MTs Muslimin Indonesia Center Samarinda berperilaku baik dengan tanpa membedakan suku, ras dan agama yaitu pada frekuensi terbanyak pada kategori selalu yakni 75%. Adapun hasil dari analisis yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan program SPSS 25 dan Excel 2016 dan mendapatkan hasil dari uji korelasi sebesar 0,686 berdasarkan dari tabel interpretasi yang berada pada kisaran antara 0,600-0,799. bahwa variabel X berpengaruh dengan variabel Y dengan kategori “kuat”. Sedangkan hasil koefisien determinasi yaitu sebesar 47,05% dan sisanya 52,95% ditentukan variabel lain yang tidak diketahui dan pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh hasil thitung = 5,163 dan diperoleh ttabel = 1,697 dengan ketentuan jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak dan sebaliknya jika thitung < ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian 5,163 > 1,697. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh keteladanan orang tua dengan perilaku siswa sebesar 47,05% sedangkan 52,95% dipengaruhi oleh variabel lain.