dc.description.abstract | ABSTRAK
Maulidayanti,“ Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 16 Samarinda ”, 2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Dibawah bimbingan Wahdatun Nisa, M.A sebagai pembimbing I dan Agus Setiawan, M.Pd sebagai pembimbing II.
Pentingnya penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu pembelajaran. Sehubungan dengan mewabahnya pandemic virus covid-19 di Indonesia yang mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring membuat guru harus mengubah media dengan bentuk daring agar kegiatan pembelajaran tetap dapat dilaksanakan. kemampuan guru PAI sangat diperlukan dalam menggunakan media pembelajaran daring. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) apa saja media pembelajaran daring yang digunakan pada mata pelajaran PAI? (2) bagaimana penggunaan media pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI? Adapun tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui media pembelajaran daring apa saja yang digunakan pada mata pelajaran PAI, (2) untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran daring. Manfaat dari penelitian ini adalah secara teoritis dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang didapat saat kuliah, digunakan sebagai referensi atau bahan kajian dalam menambah ilmupengetahuan di bidang pendidikan, dan sebagai referensi dalam mengembangkan pengetahuan tentang penggunaan media pembelajaran daring. Secara praktis yakni sebagai informasi awal bagi peneliti lebih lanjut dan sumbangan khazanah ilmu pengetahuan bagi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian bertempat di SMP Negeri 16 Samarinda dengan informan Guru PAI, kepala sekolah, siswa-siswi, dan orangtua.
Hasil dari penelitian ini adalah berkaitan dengan media pembelajaran daring yang digunakan pada mata pelajaran PAI meliputi media whatsapp, youtube, google classroom, google forms, SSE (Samarinda Smart Edu). Berkaitan dengan kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran, guru sudah menunjukan kemampuannya dalam menggunakan media pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan guru PAI memiliki persiapan terlebih dahulu sebelum mengajar menggunakan media pembelajaran daring, kemudian guru merancang penggunaan media pembelajaran daring yang akan digunakan pada saat mengajar, lalu mendiskusikan rancangan pengunaan media tersebut kepada kepala sekolah dan rekan guru lainnya untuk mendapatkan penilaian, bimbingan serta arahan, sehingga guru PAI mampu menggunakan media pembelajaran daring dengan langkah dan teknis yang baik dan benar. | en_US |