Show simple item record

dc.contributor.authorRulyanata, Adelfina Alvionita
dc.date.accessioned2022-02-23T02:45:26Z
dc.date.available2022-02-23T02:45:26Z
dc.date.issued2021-11-25
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1228
dc.description.abstractABSTRAK Adelfina Alvionita Rulyanata, 2021. “Fenomena Game Online Mobile Legend (Ml) Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan IAIN Samarinda). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Dibawah bimbingan Dr. Zamroni, M.Pd dan Yunita Noor Azizah, M.Pd.I. Internet telah menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa dihindarkan lagi. Semenjak adanya virus Covid-19 yang masuk ke Indonesia, seluruh kegiatan dan aktivitas masyarakat dibatasi dan dilakukan dalam rumah. Dimulai dari pekerjaan hingga pendidikan, semua dilakukan dari rumah atau secara daring dengan menggunakan jaringan sebagai jalur komunikasi. Karena hal ini, dari tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga Universitas segala proses pembelajaran dilakukan dari rumah, sehingga penggunaan gadget, penggunaan media social, dan penggunaan game online pun meningkat. Terutama pada mahasiswa IAIN Samarinda banyak dari mereka yang menghabiskan waktunya untuk bermain game online, khususnya game MOBA Mobile Legends. Game Mobile Legends saat ini sedang banyakdigunakan oleh kaum muda, sebab dari game ini mudah dimainkan dan visual yang bagus sehingga game ini sangat disukai oleh para pecinta game. Seiring dengan viralnya game Mobile Legends maka banyak dari pelajar dan mahasiswa yang memainkannya ketika sedang tidak ada kegiatan atau ketika waktu sedang kosong. Sehingga fenomena game Mobile Legends ini banyak sekali hal-hal yang ditimbulkan, baik itu hal positif maupun negative kepada para pemainnya. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena permainan Game online Mobile Legends (ML) dikalangan mahasiswa Prodi PAI Perguruan Tinggi IAIN Samarinda. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif,yang bertujuan untuk mengetahui fenomena game online Mobile Legends (ML) dikalangan mahasiswa prodi PAI. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara secara mendalam, dan analisis data secara mendalam dengan menggunakan model Miles dan Huberman untuk mendapatkan data yang diinginkan. Mahasiswa yang diteliti sebanyak 4 mahasiswa dan keseluruhan merupakan mahasiswa IAIN Samarinda prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 yang aktif memainkan game online Mobile Legends minimal satu tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari fenomena game online Mobile Legends ini terjadi perubahan dalam keseharian mereka baik dalam hal positif maupun negatif . Seperti dalam hal negatif kurangnya komunikasi terhadap orang sekitar, kurangnya tidur, mata yang rabun, mudah kesal, dan menurunnya nilai IP. Sedangkan, dalam hal positif melatih kesabaran, bertambahnya bahasa asing, dan merasa mempunyai pola pikir yang cepat dalam mengambil keputusan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectFenomena, Game Online, Mobile Legenden_US
dc.titleFenomena Game Online Mobile Legend (Ml) Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan IAIN Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record