dc.description.abstract | ABSTRAK
Tara Tri Warno, 2021. “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Google Classroom Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Janan ”.Skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M. Pd selaku pembimbing I dan H. Susanto, Lc.M.Pd. I selaku pembimbing II.
Penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi google classroom diharapakan baik dan efektif untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar, pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adanya pemanfaatan aplikasi google classroom dalam pembelajaran online guru dapat memantau perkembangan dan mengarahkan siswa dalam proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah peneliti ingin mengetahui Bagaimana Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Google Classroom terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Janan? Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Janan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi sebanyak 140 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 34 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik keabsahan data menggunakan data uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji homogenitas, uji linearitas, uji korelasi product moment, uji T dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi google classroom dengan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Janan. Dengan menggunakan uji normalitas, hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,194 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilairesidual berdistribusi normal. Kemudian korelasi product moment mendapati hasil sebesar 0,512 dengan taraf signifikansi 5%. Artinya jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi r berada diantara 0,40 – 0,59 berada pada taraf “sedang”. Hasil koefisien determinasi sebesar 26,21%. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh hasil thitung > ttabel (3,462 > 1,694) yang artinya Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi google classroom dengan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Janan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Google Classroom, Minat Belajar. | en_US |