Show simple item record

dc.contributor.authorSeptianingsih, Selvia
dc.date.accessioned2022-02-23T06:33:24Z
dc.date.available2022-02-23T06:33:24Z
dc.date.issued2021-06-23
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1232
dc.description.abstractABSTRAK Selvia Septianingsih, 2021. “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Fikih Pada Siswa di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Rusdi, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Agus Setiawan, M.Pd.I selaku pembimbing II. Penerapan pembelajaran online menggunakan whatsapp sudah baik dan efektif untuk memudahkan siswa dalam belajar, pada pelajaran fikih. Adanya pemanfaatan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran online guru dapat memantau perkembangan dan mengarahkan siswa dalam proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah peneliti ingin mengetahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Fikih Pada Siswa di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda? Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar Fikih Pada siswa di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi sebanyak 549 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 78 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan data uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji korelasi product moment, uji T dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran online terhadap motivasi belajar Fikih Pada siswa di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda. Dengan menggunakan uji normalitas, hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,164 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Kemudian korelasi product moment mendapati hasil sebesar 0,622 dengan taraf signifikansi 5%. Artinya jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi r berada diantara 0,600 – 0,799 berada pada taraf “kuat”. Hasil koefisien determinasi sebesar 38,7%. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh hasil thitung > ttabel (8,830 > 1,664) yang artinya Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran online terhadap motivasi belajar Fikih Pada siswa di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda. Kata Kunci: Peserta Didik, Pembelajaran, Onlineen_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPeserta Didik, Pembelajaran, Onlineen_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Fikih Pada Siswa di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record