Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqh Di MTs Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Risdayanti, 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqh Di MTs Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Indriana Rahmawati, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah melihat dari salah satu sekolah yang terletak di samarinda, Kalimantan Timur. Dimana sekolah ini memiliki salah satu system pembelajaran uintuk melakukan proses pembelajaran daring atau jarak jauh, yaitu system management pembelajaran atau Learning management system. Kemudian di dalam LMS ini terdapat beberapa aplikasi yang digunakan untuk melakukan pembelajaran online guna mencapai hasil belajar yang baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 8 dan 9 yang ada di MTs Labbaika Samarinda yang berjumlah keseluruhan 370 siswa. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik Random Sampling teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi adapun teknik analisis data menggunakan Uji Korelasi Product Moment, dan Uji t.
Adapun hasil dari analisis data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil analisis data penelitian pengaruh Learning Management System terhadap hasil belajar Fiqh siswa MTs Labbaika Samarinda tahun pelajaran 2021/2022 diperoleh r hitung 0,756 . Hasil r-hitung lebih besar daripada r-tabel. Maka dapat dinyatakanbahwa terdapat pengaruh antara Learning Management System terhadap Hasil belajar Fiqh siswa MTs Labbaika Samarinda tahun pelajaran 2021/2022. Pada perhitungan uji t, diperoleh t-hitung 27,655. sedangkan t-tabel pada taraf significance 0,05 dengan sampel 79 adalah 1,66437. Nampak bahwa t- hitung lebih besar daripada t-table. Berdasarkan uji t: Thitung > Ttabel maka Ha diterima, H0 ditolak. Apabila Thitung < Ttabel maka Ha ditolak, H0 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 27,655 antara Learning Management System terhadap hasil belajar siswa MTs Labbaika tahun pelajaran 2021/2022, koefisien determinasi atau pengaruhnya sebesar 9,92% dan sisanya 90,07% dipengaruhi oleh variable lain. Dinyatakan bahwa tidak terlalu berpengaruh signifikan antara variable X dan variable Y.