dc.description.abstract | ABSTRAK
Iswahyudi Setiawan, “Implementasi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Ash Shabirin Samarinda Seberang”, 2021. Skripsi, program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurusan pendidikan agama Islam, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Husni Idris M.Pd dan Ibu Indriana Rahmawati M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya pandemi covid 19 yang melanda Indonesia sehingga pemerintah memutuskan untuk melakukan pembatasan social bersekala besar guna memutus penyebaran virus covid 19. Hal ini pun berdampak pada kegiatan belajar mengajar yang mengharuskan untuk melakukan pembelajaran secara daring. membuat sekolah Madrasah Tsanawiyah Ash Shabirin Samarinda seberang yang melakukan pembelajaran secara daring dengan menggunakan aplikasi google classroom sehingga kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring serta berdampak juga dengan minat belajar siswa dalam menggunakan media google classroom dalam pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Lokasi penelitian adalah di sekolah MTs Ash Shabirin samarinda seberang dengan informan yaitu siswa MTs kelas 1,2,3, tahun ajaran 2020/2021 dan guru mata pelajaran aqidah akhlak.
Hasil penelitian dari 14 siswa dan 2 guru MTs Ash Shabirin samarinda seberang mengenai implementasi penggunaan aplikasi google classroom pada minat belajar siswa pada pelajaran aqodah akhlak sudah sangat membantu siswa dan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara daring, penggunaan aplikasi yang sangat mudah, praktis, serta tidak memakan data yang banyak dalam menggunakannya sehingga siswa dan guru dengan mudah menggunakan aplikasi google classroom dalam pembelajaran di tengah pandemi covid 19. Namun penggunaan media google classroom ini pun berdampak negatif pada minat belajar siswa yaitu tidak adanya interaksi antara guru dan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa merasa jenuh dan bosan sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang di sampaikan. | en_US |