Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang
Abstract
ABSTRAK
Siti Nur Annisa, 2021. “Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Iskandar, M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah melihat dari lingkungan sosial SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang yang terletak di tengah-tengah masyarakat yang beragama Hindu, dan berbudaya Bali, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan melihat adakah pengaruh lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang, dan ingin mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa muslim yang ada di SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang yang berjumlah 60 siswa. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik Non Probability Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan dokumentasi adapun teknik analisis data menggunakan Uji Korelasi Product Moment, dan Uji t.
Adapun hasil dari analisis data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil analisis data penelitian Pengaruh lingkungan sosial terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang tahun pelajaran 2021/2022 diperoleh r hitung 0, 4917. Hasil r-hitung lebih besar daripada r-tabel. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan sosial terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang tahun pelajaran 2021/2022. Pada perhitungan uji t, diperoleh t-hitung 3,912. sedangkan t-tabel pada taraf significance 0,05 dengan sampel 50 adalah 2,021. Nampak bahwa t-hitung lebih besar daripadat-table. Berdasarkan uji t: Thitung > Ttabel maka Ha diterima. Apabila Thitung < Ttabel maka Ha ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 3,912 antara lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa muslim SMP Negeri 3 Tenggarong Seberang tahun pelajaran 2021/2022.