Analisis Aspek Perkembangan Anak Analisis Aspek Perkembangan Anak Melalui Kegiatan Menggambar di Taman Kanak-Kanak (TK) Rizky Maha Karya Utama Samarinda.Kegiatan Menggambar di Taman Kanak-Kanak (TK) Rizky Maha Karya Utama Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Ayu Nofika Desy, 2020. “Analisis Aspek Perkembangan Anak Melalui Kegiatan Menggambar di Taman Kanak-Kanak (TK) Rizky Maha Karya Utama Samarinda.” Skripsi, Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Lina Revilla Malik, M. Si selaku pembimbing I dan Nurwati, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian adalah Menggambar merupakan kegiatan manusia yang bertujuan untuk mengungkapkan apa yang dirasakan dan dialaminya baik mental maupun visual dalam bentuk garis dan warna. Menggambar merupakan proses mengungkapkan ide, angan-angan, perasaan, pengalaman, dan yang dilihatnya dengan menggunakan jenis peralatan menggambar tertentu. Salah satu bentuk dari olah tubuh dan olah seni adalah menggambar. Kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangsang aspek perkembangan anak. Melalui kegiatan menggambar yang secara langsung dapat berimajinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kegiatan menggambar menstimulasi aspek perkembangan anak di Taman Kanak-kanak (TK) Rizky Maha Karya Utama Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun terdiri dari 12 orang, 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Sumber datanya ada 2 yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer adalah Kepala sekolah, guru dan siswa. Sumber data sekunder adalah buku aspek perkembangan anak, RPPM, RPPH, catatan hasil penilaian hasil karya anak dan dokumentasi. Data analisis menggunakan analisis data kualitatif dengan 3 langkah yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa aspek perkembangan anak yang terstimulasi dari kegiatan menggambar adalah Aspek agama dan moral, anak mampu mengenal, memahami dan menjaga ciptaan Tuhan dan anak mampu mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia. Fisik motorik kasar halus, dengan kegiatan menggambar anak mampu memegang pensil dengan benar dan menggerakkan tangan untuk menggambar sehingga motorik halus anak bias berkembang. Aspek kognitif, anak mampu mengenal warna dan bentuk, mampu berfikir secara logis dan menuangkan apa yang ada difikiran anak. Aspek bahasa, anak mampu bercerita hasil gambar dengan bahasa sendiri. Aspek sosial-emosional, anak mampu berinteraksi dengan teman melalui munculnya rasa empati dan tolong menolong sesama teman dan anak merasa gembira atau senang. Apek seni, dengan membuat gambar melalui daya imajinasinya sendiri.