Implementasi Metode Gerak dan Lagu dalam Mengenalkan Asmaul Husna bagi Anak di TKIT Bunga Harapan Samarinda Seberang Metode Gerak dan Lagu dalam Mengenalkan Asmaul Husna bagi Anak di TKIT Bunga Harapan Samarinda Seberang
Abstract
ABSTRAK
Livita Magfiratul Laili, 2020. “Implementasi Metode Gerak dan Lagu dalam Mengenalkan Asmaul Husna bagi Anak di TKIT Bunga Harapan Samarinda Seberang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku pembimbing I dan Mujahidah, M.Si selaku pembimbing II.
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah sebelumnya dalam pengenalan asmaul husna kepada anak di TKIT Bunga Harapan belum menggunakan metode gerak dan lagu. Saat sebelum menggunakan metode gerak dan lagu keadaan anak-anak kurang bersemangat dalam mengenal asmaul husna dan biasa saja, tetapi setelah menggunakan implementasi metode gerak dan lagu,anak mulai bersemangat dan termotivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode gerak dan lagu dalam mengenalkan asmaul husna bagi anak di TKIT Bunga Harapan Samarinda Seberang serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode gerak dan lagu dalam mengenalkan asmaul husna bagi anak di TKIT Bunga Harapan Samarinda Seberang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan pendekatan deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer ialah kepala sekolah dan guru yang bersangkutan. Sumber data sekunder ialah wawancara dan observasi. Data dianalisis menjadi tiga langkah, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi metode gerak dan lagu dalam mengenalkan asmaul husna bagi anak di TKIT Bunga Harapan Samarinda Seberang yaitu perencanaan metode gerak dan lagu dalam mengenalkan asmaul husna sudah termasuk kedalam kurikulum TK dan termasuk di kegiatan pagi. Pelaksanaannya dilakukan di pagi hari pada saat anak-anak sudah sampai di sekolah dan berbaris. Saat memulai kegiatan pembacaan asmaul husna, guru mengajak salah satu anak menjadi pemimpin saat memperagakan gerakan dari asmaul husna sambil bernyanyi dan guru juga sambil membimbing anak yang menjadi pemimpin tersebut. Evaluasi dilakukan di setiap bulan dan dimasukkan di penilaian rapot berupa deskripsi atau ceklis. Adapun factor pendukung dari implementasi dalam mengenalkan asmaul husna bagi anak antara lain media speaker, semangat para guru dan anak, musik, dan tutorial dari guru. Sedangkan faktor penghambat dari metode gerak dan lagu dalam mengenalkan asmaul husna bagi anak antara lain perbedaan dari tipe belajar anak, ketidakhadiran anak, dan keterlambatan anak datang ke sekolah.