Show simple item record

dc.contributor.authorEffendi, Hari Setiawan
dc.date.accessioned2022-03-01T01:39:20Z
dc.date.available2022-03-01T01:39:20Z
dc.date.issued2021-11-25
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1252
dc.description.abstractABSTRAK Hari Setiawan Effendi, 2021. ‘’Analisis Fakor yang mempengaruhi Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Secara Daring di MTs Darul Muta’alimin Samarinda Seberang. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs.H.M. Said Husin,MA dan Ibu Nurwati, M.Pd. Proses belajar mengajar secara daring ini menjadi salah satu factor penyebab yang mempengaruhi motivasi belajar yang ada di MTs Darul Muta’alimin Samarinda seberang, banyak siswa yang mengeluh karena diberi tugas membuat sebuah video pembelajaran, terkendala nya paket internet, merasa malas mengikuti pembelajaran, serta merasa bosan dan kurang berminat karena materi yang disampaikan dirasa kurang jelas dan sulit dipahami semua itu disebabkan juga karena faktor dari siswa yang masih awam dalam baca tulis Al-Qur’an, adapun faktor ekonomi orang tua yang dimana orang tua tidak mampu membelikan Handphone untuk anak nya pada saat pembelajaran daring. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saya yang mempengaruhi motivasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring yang ada di MTs Darul Muta’alimin Samarinda seberang pada saat pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah Perwakilan siswa dan siswi kelas VI, VII, dan IX MTs Darul Muta’alimin Samarinda Seberang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles and Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits secara daring karena kurang fokus nya siswa terhadap pembelajaran, kurang bersemangat, terkendalanya jaringan internet, materi serta metode pembelajaran yang diberikan oleh guru menggunakan media pembelajaran dirasa kurang menarik, dan sulit dipahami sehingga mempengaruhi motivasi belajar siswa semua itu juga disebabkan karena kemampuan siswa yang masih awam dalam baca tulis AlQur’an, dan adapun faktor ekonomi keluarga. Sedangkan media yang dipakai pada pembelajaran daring adalah adalah Zoom, Whatsapp dan Google Classroom.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectAnalisis, Motivasi Belajar, Al-Qur’an Hadits, Daringen_US
dc.titleAnalisis Fakor yang mempengaruhi Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Secara Daring di MTs Darul Muta’alimin Samarinda Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record