View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efisiensi Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Labbaika Samarinda Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Labbaika Samarinda

Thumbnail
View/Open
Muhammad Dhimas Ramadhan.docx (17.47Kb)
Date
2021-12-28
Author
Ramadhan, Muhammad Dhimas
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Muhammad Dhimas Ramadhan, 2021. “Efisiensi Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA. selaku dosen pembimbing I dan Bapak Misbahul Fuad, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang penulis jumpai umumnya di negara kita yaitu indonesia, adanya pandemi covid19 yang melanda indonesia membuat pemerintah memutuskan untuk melakukan pembatasan social berskala besar guna memutus penyebaran virus covid19. Mengakibatkan perubahan besar yang luar biasa, seolah seluruh jenjang dipaksa bertransformasi dan beradaptasi secara tiba-tiba melakukan pembelajaran dirumah. Dan membuat sekolah Madrasah Tsanawiyyah Labbaika Samarinda melakukan pembelajaran secara daring dengan menggunakan media aplikasi google classroom dalam proses pembelajarannya baik absensi kelas, pengiriman tugas, pengiriman materi. Hal ini lah yang membuat penulis ingin meneliti untuk mengetahui bagaimana efisiensi pemanfaatan media google classroom dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fiqih di MTs Labbaika Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian adalah MTs Labbaika Samarinda dengan informan yaitu kepala madrasah MTs Labbaika Samarinda, Guru Mata Pelajaran Fiqih dan perwakilan siswa kelas 7,8,9 MTs Labbaika Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efisiensi Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Labbaika Samarinda, dapat dikatakan efisien apabila hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan google classroom di MTs Labbaika Samarinda sudah memenuhi standar indikator 7 M + 1 I efisiensi yang terdiri dari man (manusia), material (barang), machine (mesin), money (uang), method (metode), market (pasar), minutes (waktu) dan Information (informasi). Dalam standar tersebut ada beberapa hal yang sudah tercapai dalam pemanfaatan aplikasi google classroom untuk menunjang kegiatan pembelajaran daring pada mata pelajaran fiqih. Dalam pembelajaran daring menggunakan media google classroom ada beberapa kendala seperti kurang memahami pembelajaran yang disampaikan guru, tidak bisa mengamati siswa secara penuh, namun kendala tersebut masih bias diatasi oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran daring. Lalu untuk sebuah kebijakan yang telah dibuat oleh pihak sekolah MTs Labbaika Samarinda sudah menjadi jalan tengah dalam keadaan pandemi seperti ini. Ini semua dilakukan untuk bisa mencegah penyebaran virus covid19.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1253
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [905]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV