Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kepribadian Siswa di SMK TI Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Irfan Fadhlullah 2021 “Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kepribadian Siswa di SMK TI Labbaika Samarinda”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Abdul Majid, M. A selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Fathul Janah, M. SI selaku pembimbing ke II.
Pendidikan karakter dan kompetensi kepribadian guru merupakan komponen komponen pada lembaga sekolah yang di dalamnya terdapat peserta didik atau siswa. Penerapan pendidikan karakter didasarkan dalam Undang-Undang yang mengatur implementasi kepada seluruh unsur sekolah terkait. Guru sebagai pelaku dalam pendidikan karakter memiliki kompetensi kepribadian sebagai aset untuk memberikan teladan ideal. Sehingga kepribadian siswa yang cenderung labil masih membutuhkan sistem pendidikan dan contoh untuk membiasakan kepribadian tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan karakter dan kompetensi kepribadian guru terhadap kepribadian siswa di SMK TI Labbaika Samarinda.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitain kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapaun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 136 orang karena menggunakan teknik nonprobability sampling dengan salah satu macam sampling purposivesampling, dimana jumlah sampel yang diambil berdasarkan karakteristik yang memenuhi krikteria dari populasi yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean dan analisis korelasi product moment serta uji hipotesis.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus mean diperoleh pertama variabel implementasi pendidikan karakter sebesar 81,73 dengan kategori baik, hal ini dikarenakan kerjasama dan penerapannya secara continue dari seluruh komponen sekolah. Kedua variabel kompetensi kepribadian guru dipreroleh sebesar 82,28 dengan kategori berkompeten sesuai dengan kepribadian yang diteladani siswa dalam interaksi keseharian disekolah. Ketiga variabel kepribadian siswa diperoleh sebesar 83,64 dengan kategori baik berdasarkan karakter-karakter siswa yang tampak selama di sekolah. Keempat variabel yang berpengaruh menggunakan rumus analisis korelasi product moment diperoleh pengaruh kuat antara pendidikan karakter terhadap kepribadian siswa sebesar 0.853. Kelima terdapat pengaruh kuat antara kompetensi kepribadian guru terhadap kepribadian siswa dengan nilai sebesar 0.846. Keenam terkait pengaruh pendidikan karakter dan kompetensi kepribadian guru terhadap kepribadian siswa di SMK TI Labbaika Samarinda diperoleh nilai sebesar 0,887 dengan kategori kuat. Selain itu dengan uji hipotesis diperoleh nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 yaitu 23,90 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙yaitu 1.656 maka 𝐻𝑎 diterima.