Pengaruh Pembinaan Keagamaan Terhadap Perilaku Keberagamaan Di Lembaga UPTD Panti Sosial Bina Remaja Kota Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Nur Ariyani, 2021. Pengaruh Pembinaan Keagamaan Terhadap Perilaku Keberagamaan Di Lembaga UPTD Panti Sosial Bina Remaja Kota Samarinda. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Riswan, S.Pd., M. Si dan Di Ajeng Laily Hidayati, M. Si
Latar belakang penelitian ini adalah karena kondisi anak yang mulai beranjak remaja yang menyebabkan sebagian anak mengarah kepada perilaku negatif, sehingga diperlukan pembinaan keagamaan. Tujuannya adalah untuk membimbing dan membentuk manusia menjadi hamba Allah SWT yang shaleh, teguh imannya, taat beribadah, berakhlak terpuji dan menjadi lebih baik lagi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak binaan yang beragama muslim di Lembaga UPTD Panti Sosial Bina Remaja Kota Samarinda, untuk teknik sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling yaitu teknik sampling total/jenuh, semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian sebanyak 25 anak binaan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pembinaan keagamaan dari segi tujuan, materi, media, metode, pembina, dan kegiatan yang dilakukan panti social secara umum sangat baik sehingga berdampak positif terhadap anak binaan, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor pembinaan keagamaan sebesar 4,25 yang masuk dalam kategori sangat tinggi atau sangat baik. (2) Perilaku keberagamaan dari segi dimensi ritual, dimensi sosial, dan dimensi intelektual, yang dilakukan oleh panti sosial berdampak positif terhadap anak binaan dalam proses pembentukan dan cara berpikir anak binaan, hal ini ditunjukkan dengan nilai ratarata skor perilaku keberagamaan sebesar 4,23 yang masuk dalam kategori sangat tinggi. (3) Pembinaan keagamaan yang dilakukan di panti sosial berpengaruh signifikan atau berdampak positif terhadap perilaku keberagamaan anak binaan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan koefisien pengaruh (ꞵ) sebesar 0,000 < 0,05. Adapun besaran atau persentase pengaruh pembinaan keagamaan terhadap perilaku keberagamaan sebesar 97,2% dan sisanya sebesar 2,8% merupakan faktor lain yang tidak diteliti.