dc.description.abstract | ABSTRAK
Rifqi Maulana Ridha, 2021, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Peserta Didik di SMK Teknologi Informasi Labbaika”. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs.H.Ahmad Riyadi, SS, M.Hum selaku pembimbing I dan Ibu Imroatul Musfirah, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya upaya guru dalam penguatan prestasi belajar peserta didik yang juga selaras dengan tujuan akhir pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu menjadikan peserta didik berpendidikan unggul. Prestasi belajar peserta didik suatu tantangan bagi guru terkhusus menghadapi para generasi Z dengan keunikan. Dikaitkan prestasi karena memiliki bibit-bibit yang baik sebagai manusia modern, Sehingga butuh diarahkan dan diperkuat oleh guru melalui strategi yang tepat. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar signifikan pengaruh strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi peserta didik di SMK Teknologi Informasi Labbaika
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, pengumpulan data dilakukan menggunakan Teknik angket, tes, dan wawancara. Analisis data dengan regresi linear sederhana. Dengan populasi kelas X-XII yang berjumlah 390 peserta didik, dan pengambilan sampel dengan Teknik rundom sampling berjumlah 80 peserta didik dan menggunakan rumus stratified random sampling.
Hasil penelitian ini berdasarkan analisis data, diperoleh persamaan regresi Ŷ=39.813+0.534X. Diperoleh nilai R sebesar 0,317 berada posisi “Rendah” dengan interpretasi 0,20-2,999. thitung (2,951) ttabel (1,665) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi peserta didik di SMK Teknologi Informasi Labbaika. Nilai R square (R2) menunjukan sebesar 10,05 % dan sisanya 89,95% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya. | en_US |