Pengaruh Model Pembelajaran Portofolio Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMA Bahrul Ulum Bontang Tahun Pembelajaran 2021/ 2022
Abstract
ABSTRAK
Asmaryani, 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Portofolio Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMA Bahrul Ulum Bontang Tahun Pembelajaran 2021/ 2022”. Skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Drs. Darwis, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Hj. Titi Kadi, M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya interaksi guru dan siswa menjadikan suasana dikelas menjadi tidak kondusif dan cenderung membosankan. Sumber belajar hanya berfokus pada buku. Siswa dihadapkan pada situasi yang kurang nyata. Hal tersebut dikarenakan mereka diajar dengan menggunakan metode ceramah yang mana sudah sangat tidak tepat jika diterapkan pada kurikulum K13, karena pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa menjadi tidak aktif, kurang motivasi dalam belajar siswa menjadi kurang percaya diri tampil didepan kelas, hal tersebut dapat berdampak pada hasil belajar yang rendah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran portofolio terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di SMA Bahrul Ulum Bontang Tahun Pembelajran 2021/ 2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas di SMA Bahrul Ulum Bontang yang berjumlah 272 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPS yang berjumlah 73 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji t (uji hipotesis).
Dari analisa yang telah dilakukan mengenai pengaruh model pembelajaran portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Bahrul Ulum Bontang diketahui bahwa hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh angka sebesar 0,399. Angka tersebut terdapat pada interval pada nilai 0,20 s/d 0,399. Berdasarkan angka interprestasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang rendah, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah pada model pembelajaran portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Bahrul Ulum Bontang yaitu sebesar 0,399. Adapun besar sumbangsih model pembelajaran portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam sebesar 14,8% dan sisanya dipengaruhi variabel lain. Kemudian di lihat dari 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu diketahui 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 3,677 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,993 dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diterima yaitu “Terdapat Pengaruh”.