Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini Di Taman Pendidikan Al-Qur’an
Abstract
ABSTRAK
Erna Hasanah. 2018. Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini Di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Robingatin. M. Ag dan Ibu Amalia Nuraini, M. Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya mengenal huruf hijaiyyah anak usia dini di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Iman Samarinda. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran mengenal huruf hijaiyyah anak usia dini di Taman Pendidikan Al-qur’an Nurul Iman.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Taman Pendidikan Al-qur’an Nurul Iman Samarinda, dengan alamat Wiraswasta RT 15. Lokasi sekolah tepatnya di Kecamatan Samarinda Ulu. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa informan diantaranya Kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik TPA Nurul Iman. Adapun untuk memperoleh data yang diperlukan penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.. Sedangkan langkah-langkah dalam menganalisis data diantaranya dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang peneliti lakukan terhadap proses pembelajaran mengenal huruf hijaiyyah anak usia dini, maka dapat disimpulkan bahwa dalam pemperkenalkan huruf hijaiyyah pada anak usia dini di taman pendidikan Al-qur’an Nurul Iman melalui berbagai kegiatan pembelajaran yaitu melalui bernyanyi dan bertepuk, menggunakan kartu kata/huruf hijaiyyah, bermain plastisin, mewarnai dan menebalkan huruf hijaiyyah. Kegiatan pengenalan huruf hijaiyyyah dilakukan secara menyenangkan, guru sebagai fasilitator, memberikan contoh secara langsung, sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah semangat para guru yang sangat tinggi dan sarana dan prasarana yang cukup memadai sehingga pengenalan huruf hijaiyyah ini dapat tercapai secara maksimal. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan pengenalan huruf hijaiyyah anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi, betepuk, menggunakan kartu kata/huruf hijaiyyah, bermain plastisin, mewarnai dan menebalkan huruf hijaiyyah berjalan dengan baik.