dc.description.abstract | ABSTRAK
Umi Atiyah, 2021. “Problematika Perkuliahan Daring Pada Masa Pandemi Covid19 Tahun 2020 Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Pada Mata Kuliah Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitan Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universtas Islam Negeri Sulta Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. zamroni, M. Pd dan Indiriana Rahmawati, M. Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemic covid-19 yang menuntut perkuliahan serta pembelajaran dilakukan secara daring, hal ini menyebabkan kendala bagi mahasiswa prodi PAI yang pada awal perkuliahan secara tatap muka (Offline) berganti dengan perkuliahan secara jarak jauh (Online), namun bagi mahasiswa beberapa masalah yaitu jaringan internet yang tidak selalu stabil, keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan, kurang efektif dalam memonitoring mahasiswa, kurangnya konsentrasi mahasiswa dalam pembelajaran, pemahaman mahasiswa yang berbeda-beda. Dalam permasalahan yang timbul dapat menyebabkan kurang efektif dalam pelaksaan perkuliahn daring di kelas/lokal. Maka perluanya penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang (1) Problematika Perkuliahan Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020 Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Pada Mata Kuliah Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitan Islam Negeri Sulta Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. (2) Solusi Problematika Perkuliahan Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020 Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Pada Mata Kuliah Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitan Islam Negeri Sulta Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda.
Jenis penelitian ini dengan menggunakan penelitian Deskriptif, dengan pendekatan Kualitatif, tradisi pada penelitian kualitatif yang digunakan yaitu Study Kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu digunakan oleh Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di UINSI Samarinda, sumber data penelitian yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah (1) Pada pelaksanaan perkualiahan daring, mahasiswa dan dosen prodi PAI pada mata kuliah TPKI mengalami beberapa permasalahan diantaranya: pertama, jaringan internet. Kedua, keaktifan. Ketiga, kurang efektif memonitoring. Keempat, kurang konsentrasi. Kelima, kemampuan yang berbedabeda. (2) Upaya yang dilakukan pada pelaksaan perkuliahan daring dalam mengatasi problematika perkuliahan daring yaitu: pertama, mahasiswa mengumpulkan tugas pada jaringan internet kembali stabil. Kedua, memiliki arah tujuan dalam belajar sehingga aktif dalam perkuliah daring. Ketiga, mengawasi dan meninjau ulang materi dalam memonitorring mahasiswa dengan jarak jauh. Keempat, mahasiswa yang satu dengan lainnya bekerjasama dalam bagaimana memahami suatu materi pembelajaran serta dosen banyak meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan mahasiswa sehingga apa saja yang diperlukan aeorang mahasiswa dapat tercapai serta memahami pembelajaran yang telah disampaikan. Kelima, pemahaman perkuliah daring di masa pandemic Covid-19 yang terlihat mahasiswa kurang efektif karena pemahasan mahasiswa yang kurang dan memiliki kemampuan pemahaman yang berbda-beda untuk itu perlua adanya sebuah peningkatan kualiatas perkuliahan daring terhadap pembelajaran yang disampaikan dalam kelas sehinggan memberikan maksimal pemahaman kepada mahasiswa | en_US |