dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Kasbiah. 1811101130. “Pengaruh Soft Skills Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pupuk Kaltim Bontang”. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Marniati Kadir, M.Pd selaku Pembimbing I dan Siti Nasiah, M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang sering merasa bosan saat mengikuti proses pembelajaran PAI, tidak totalitas dalam mengerjakan tugas, tidak terpusatnya perhatian siswa kepada guru saat menyampaikan materi, tidak aktif bertanya, serta kurangnya pengimplementasian ilmu Agama ke dalam kehidupan sehari-hari sehingga diketahui bahwa tidak semua siswa memiliki motivasi belajar yang baik. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya motivasi belajar pada siswa adalah soft skills guru PAI. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soft skills guru PAI dan motivasi belajar PAI pada siswa, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh soft skills guru PAI terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP YPK Bontang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto yang bersifat deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP YPK Bontang sejumlah 121 siswa dan sampel penelitian menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling yang diperoleh sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket yang telah terbukti validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data di analisis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan data tersebut telah memenuhi syarat normalitas, linearitas, dan homogenitas.
Kualitas soft skills guru PAI di SMP YPK Bontang menunjukkan kategori baik dengan perolehan rata-rata sebesar 3,61. Motivasi belajar PAI pada siswa kelas VII SMP YPK Bontang menunjukkan kategori baik dengan perolehan rata-rata sebesar 3,30. Dan terdapat pengaruh yang signifikan pada soft skills guru PAI sebesar 38,9% terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP YPK Bontang, sedangkan sisanya sebesar 61,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari penelitian ini. | en_US |