Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Bahrul Ulum Bontang
Abstract
ABSTRAK
Yuliyana, 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Bahrul Ulum Bontang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Drs. Darwis,M.SI selaku Dosen Pembimbing 1 dan Ibu Amalia Nur Aini,M.Pd Selaku Dosen Pembimbing II.
Latar belakang penelitian Rendahnya motivasi belajar PAI dialami oleh kelas XI IPA 1 dan XI IPS 1. Faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa adalah kurangnya minat dan ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran PAI. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang terpusat pada guru, siswa hanya mencatat dan hanya menyerap informasi dari guru. Guru cenderung monoton menguasai kelas sehingga siswa takut bertanya kepada guru apabila kurang jelas atau tidak paham. Akibatnya aktivitas belajar siswa kurang optimal serta suasana kelas yang kurang menyenangkan menyebabkan motivasi belajar siswa rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, dapat dimaknai bahwa media pembelajaran sangat penting bagi guru untuk menyampaikan informasi tentang materi yang akan diajarkan pada saat proses pembelajaran. Dengan adanya penggunaan media dengan tepat dan sesuai maka dapat mambangkitkan keinginantahuan dan minat baru bagi siswa, serta mambnagkitkan motivasi.
Jenis penelitian ini adalah deskripstif kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA Bahrul Ulum Bontang.
Hasil Penelitian Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian di lapangan, diketahui hasil dari korelasi product moment sebesar 0,751 yang berdasarkan table interprestasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala 0,60-0,799 yang berarti korelasi antara media visual terhadap motivasi belajar siswa di SMA Bahrul Ulum Bontang tergolong Kuat. Adapun berdasarkan hasil perhitungan analisis uji t dengan taraf signifikan 5% di peroleh thitung sebesar 4,957 Sedangkan nilai ttabel yaitu 1,6666 karena thitung >ttabel maka Ha diterima yang berarti terdapat Pengaruh Media Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Bahrul Ulum Bontang. Sedangkan untuk sumbangan determinasi media visua memberikan sumbangan sebanyak 55,8% terhadap media visual sedangkan 44,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya.