صعوباتتععم تللمة تللعبية تي تععم تمهارةتللكلامتعندتطلابتقس ت عدريستللمة تللعبية تي تللجامع تللإسلامة تللحكومة تسمارندلتسن 7102 درلسة
Abstract
NUR HIKMAH, “Kesulitan Belajar Bahasa Arab Maharotul Kalam Pada Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab IAIN Samarinda Angkatan 2017”, dibawah bimbingan Bapak Dr. Fachrul Ghazi, Lc. MA sebagai Pembimbing I dan Bapak H. M. Yamin, Lc. MA sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar maharah kalam pada mahasiswa Bahasa Arab angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Samarinda jurusan bahasa Arab angkatan 2017.
Adapun kesulitan belajar adalah keterbatasan atau hambatan yang dialami oleh mahasiswa untuk berpartisipasi dalam belajar sehingga ia tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Kesulitan belajar bahasa Arab adalah suatu kondisi di mana mahasiswa atau anak didik memiliki hambatan untuk menggunakan bahasa Arab dalam berbicara, menulis dan membaca Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami oleh mahasiswa program studi bahasa Arab IAIN Samarinda angkatan 2017, baik faktor internal maupun faktor eksternal.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penyebab kesulitan belajar bahasa Arab yang didapatkan dari Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab IAIN Samarinda Angkatan 2017 adalah kurang percaya diri, mudah merasa tegang, motivasi belajar yang kurang, kurang konsentrasi, lemah dalam menghafal kosa kata, dan kurang menguasai nahwu dan shorof.
Saran bagi mahasiswa diharapkan agar lebih meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan kaidah serta kosa kata bahasa Arabnya sehingga bisa mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab yang mereka alami. Saran peneliti bagi pengajar agar bisa lebih sering menggunakan media dan metode pengajaran yang bervariasi dalam proses perkuliahan sehingga mahasiswa bisa belajar lebih optimal dan tidak mengalami kesulitan belajar.