Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Di SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balikpapan
Abstract
ABSTRAK
Agustinah Amalia (1711101044), “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Di SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balikpapan”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lina Revillah Malik, M.Si, selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Pembelajaran daring selama pandemi berdampak pada sikap disiplin siswa. Dimana siswa diharuskan belajar dari rumah. Diakibatkan dengan pembelajaran yang dilakukan di rumah, banyak ditemukan siswa yang sikap disiplinnya menurun. Ketika pembelajaran daring berlangsung banyak siswa yang terlambat masuk kelas online, tidak memperhatikan materi ajar dengan baik, serta terlambat dalam pengumpulan tugas. Maka dari itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan sikap disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balikpapan, dan apa saja faktor penghambat dalam meningkatkan sikap disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balikpapan. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI, dimana kelas tersebut seimbang dari segi afektifnya menurut guru agama Islam.
Penelitian ini dilakukan pada kelas XI, dimana kelas tersebut seimbang dari segi afektifnya menurut guru agama Islam. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif. Dengan jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian ini ada dua variable yaitu variabel X (Strategi Pembelajaran) dan variabel Y (Sikap Disiplin). Sumber data dari penelitian yang dilakukan peneliti ada dua. Pertama, data primer yaitu Kepala Sekolah, guru Agama Islam kelas XI, dan siswa kelas XI. Kedua, data sekunder yaitu berupa dokumentasi penelitian, arsip, dan berbagai literatur yang mendukung penelitian. Data didapatkan peneliti melalui hasil observasi, wawancara serta dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi pembelajaran agama Islam dalam meningkatkan sikap disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balikpapan berupa strategi pembelajaran kontekstual, keteladanan, serta aktif dalam mengingatkan siswa terkait tata tertib pembelajaran daring atau online. Ketiga strategi tersebut digunakan guru untuk meningkatkan sikap disiplin siswa, namun tidak berkembang secara signifikan selama pembelajaran daring diakibatkan beberapa faktor yang menghambatnya yaitu jaringan yang tidak stabil, waktu yang terbatas, sulit memantau siswa, dan rasa malas siswa selama pembelajaran daring berlangsung.