Implementasi Permainan Kartu Kata Dalam Menstimulasi Kemampuan Keaksaraan Awal Anaka Pada Kelompok B di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Wahyu Purnama Sari, 2022. “Implementasi Permainan Kartu Kata Dalam Menstimulasi Kemampuan Keaksaraan Awal Anaka Pada Kelompok B di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Tenggarong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Juhairiah M.Pd dan Sunanik M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya permainan kartu kata untuk menstimulasi kemampuan keaksaraan awal anak usia dini. Kemampuan keaksaraan awal anak merupakan kemampuan yang meliputi tentang kemampuan kognitif dan kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf dan bunyi bahasa, menggabungkan huruf menjadi kata sederhana hingga kemampuan dalam membaca. Peneliti tertarik untuk mengetahui apakah permainan kartu kata dalam menstimulasi kemampuan kekasaraan awal anak di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Tenggarong yang dilaksanakan sesuai rencana pembelajaran dapat berkembang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Permainan Kartu Kata Dalam Menstimulasi Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Pada Kelompok B di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Tenggarong.
Peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Tenggarong. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah dan guru kelas kelompok B dari TK „Aisyiyah Bustanul Athfal Tenggarong. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah kerja Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Permainan Kartu Kata Dalam Menstimulasi Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Pada Kelompok B di TK „Aisyiyah bustanul Athfal 1 Tenggarong, yang dilakukan antara lain : Pada perencanaan, Guru mempersiapkan RPPM dan RPPH pada tiap RPPH terdapat lima kegiatan inti, dua dari kegiatan tersebut merupakan kegiatan tambahan yaitu kegiatan permainan kartu kata, Guru melakukan penataan lingkungan kelas, Guru mempersiapkan alat dan bahan kegiatan bermain dengan menggunakan media utama kartu kata dan alat bahan lainnya sesuai permainan kartu kata apa yang akan dilaksanakan. Pada pelaksanaan Guru melaksanakan enam permainan kartu kata yaitu permainan bola bowling suku kata, kartu kata puzzle, kartu kata dadu, kartu kata jejak kaki, kartu memori, dan permainan teratai suku kata. Sebelum bermain Guru mengajak anak bernyanyi kartu kata bersama, Guru menjelaskan dan mencontohkan cara bermain kartu kata. Pada evaluasi Guru melakukan evaluasi kegiatan permainan kartu kata dengan beberapa tahap yaitu, guru mengevaluasi dengan memberikan penugasan pada anak, guru mengamati anak saat proses kegiatan evaluasi, guru memfoto anak atau mendokumentasi kegiatan evaluasi, guru melakukan teknik penilaian observasi, dan yang terakhir guru melakukan penilaian tekhnik checklist.