Pengaruh Bimbingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa di Madrasah Ibitidaiyah Negeri 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nurdita Utari Chairini, 2021. “Pengaruh Bimbingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa di Madrasah Ibitidaiyah Negeri 2 Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Jannah. M.SI dan Fathiyatulhaq Mai Almawangir, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah berlangsungnya pembelajaran online perlu pendampingan dan bimbingan oleh orangtua di rumah namun mungkin tidak semua orang tua dapat melakukan bimbingan orangtua kepada anaknya dikarenakan sibuk bekerja atau terlalu banyak anak yang diawasi atau sibuk organisasi yang dapat mengakibatkan anak mengalami kesulitan belajar dan hasil belajarnya kemungkinan menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan orang tua dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan angket pada populasi sebanyak 126 siswa dan sampel 64 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah correlation product moment.
Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh bimbingan orangtua dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar fiqih siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda diperoleh hasil r𝑥𝑦 = 0,9119 yang interpretasinya berada pada nilai 0,8 – 1 yang berarti “sangat berpengaruh”. Sedangkan hasil dari tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 17,49 berdasarkan daftar distribusi tingkat signifikansi kepercayaan 5% adalah 1,669 dengan kontribusi bimbingan orangtua dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa yaitu 83%.. Maka dengan demikian bahwa tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, berarti bimbingan orangtua dari Educator, Motivator, fasilitator dan Inspirator dalam pembelajaran online sangat berpengaruh terhadap hasil belajar fikih siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.