View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Bimbingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa di Madrasah Ibitidaiyah Negeri 2 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Nurdita Utari Chairini.docx (16.24Kb)
Date
2021-05-04
Author
Chairini, Nurdita Utari
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nurdita Utari Chairini, 2021. “Pengaruh Bimbingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa di Madrasah Ibitidaiyah Negeri 2 Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Jannah. M.SI dan Fathiyatulhaq Mai Almawangir, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah berlangsungnya pembelajaran online perlu pendampingan dan bimbingan oleh orangtua di rumah namun mungkin tidak semua orang tua dapat melakukan bimbingan orangtua kepada anaknya dikarenakan sibuk bekerja atau terlalu banyak anak yang diawasi atau sibuk organisasi yang dapat mengakibatkan anak mengalami kesulitan belajar dan hasil belajarnya kemungkinan menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan orang tua dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan angket pada populasi sebanyak 126 siswa dan sampel 64 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah correlation product moment. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh bimbingan orangtua dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar fiqih siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda diperoleh hasil r𝑥𝑦 = 0,9119 yang interpretasinya berada pada nilai 0,8 – 1 yang berarti “sangat berpengaruh”. Sedangkan hasil dari tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 17,49 berdasarkan daftar distribusi tingkat signifikansi kepercayaan 5% adalah 1,669 dengan kontribusi bimbingan orangtua dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa yaitu 83%.. Maka dengan demikian bahwa tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, berarti bimbingan orangtua dari Educator, Motivator, fasilitator dan Inspirator dalam pembelajaran online sangat berpengaruh terhadap hasil belajar fikih siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1335
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [864]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV