Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Akhlakul Karimah di SMA Madina Citra Insani
Abstract
ABSTRAK
Sekar Melati, 2022. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Akhlakul Karimah di SMA Madina Citra Insani”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Wahdatun Nisa, M.A selaku Pembimbing I dan Bapak Abdul Basith, M. Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya mata pelajaran Akhlakul Karimah yang terdapat di SMA Madina Citra Insani, dan mata pelajaran ini menggunakan model pembelajaran problem based learning, hal ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam mengajar peserta didik dengan menggunakan contoh permasalahan yang dijadikan bahan diskusi kelompok di saat pembelajaran sedang berlangsung. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran problem based learning mata pelajaran akhlakul karimah pada peserta didik kelas XI di SMA Madina Citra Insani? Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran problem based learning mata pelajaran akhlakul karimah pada peserta didik kelas XI di SMA Madina Citra Insani.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data desktiptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan analisis Miles, Huberman dan Saldana terjemahan Tjetjep Rohindi terdiri dari data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), dan drawing and verifying conclusion (menggambarkan dan menarik kesimpulan).
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Akhlakul Karimah di SMA Madina Citra Insani menunjukkan bahwa: implementasi model pembelajaran berbasis problem based learning pada mata pelajaran akhlakul karimah kelas XI, menujukkan bahwa dalam proses implementasi terdapat tiga tahap yang dilakukan oleh guru akhlakul karimah. Pada tahap pertama yaitu tahap perencanaan, guru akhlakul karimah menyiapkansegala perlengkapan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, guru menyiapkan segala perlengkapan meliputi penyusunan RPP, metode, strategi, teknik, taktik dan dan media yang digunakan. Pada tahap kedua, yaitu tahap pelaksanaan, guru menjelaskan materi akhlak malu, mengarahkan siswa untuk saling kerja sama dan melakukan diskusi dengan kelompoknya agar contoh permasalahan yang diberikan dapat cepat diselesaikan. Pada tahap ketiga, yaitu tahap evaluasi, guru akhlakul karimah melakukan evaluasi terhadap hasil laporan semua kelompok yang telah menanggapi dari permasalahan yang diberikan. Permasalahan yang dipilih suatu upaya guru agar peserta didik dapat menjadikan contoh permasalahan yang dilampirkan dapat diterapkan pada kehidupan mereka sehari dengan melakukan perubahan sikap seperti tidak melakukan tidur di dalam kelas dan bersikap sopan santun pada saat dengan berbicara dengan teman-temannya.