Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Akhlak Siswa di MTs Al-Istiqomah Loa Janan Tahun 2022
Abstract
ABSTRAK
Nurhikmah, 2022. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Akhlak Siswa di MTs Al-Istiqomah Loa Janan Tahun 2022”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Lismina, S.Ag, M.Pd.I selaku pembimbing II
Latar belakang dari penelitian ini yaitu terjadinya kemerosotan akhlak siswa dilingkungan masyarakat yang ditunjukkan dengan perilaku siswa yang kurang baik seperti tidak menghargai guru, berkata kasar, tidak disiplin waktu bahkan sering pula terjadi bullying di sekolah dan kompetensi kepribadian yang dimiliki guru PAI dapat menjadi modal dasar dan utama bagi guru dalam membina dan membentuk akhlak yang baik pada diri siswa. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap akhlak siswa di MTs Al-Istiqomah Loa Janan pada Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MTs AlIstiqomah Loa Janan yang berjumlah 290 siswa. Kemudian peneliti menentukan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara kompetensi kepribadian yang dimiliki guru PAI terhadap akhlak siswa di MTs Al Istiqomah Loa Janan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi yaitu sebesar r =0,749 dan tergolong kuat yang diuji dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22 serta diperoleh pula nilai koefesien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,561. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI memiliki kontribusi pengaruh sebesar 56,1% terhadap akhlak siswa di MTs Al Istiqomah Loa Janan dan sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi faktor oleh lain. Dengan demikian, maka hipotesa dalam penelitian ini terbukti atau Ha dalam penelitian ini dapat diterima.