dc.description.abstract | ABSTRAK
Septi Nurhidayati, 2021. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MI Ar-Rahmah Samarinda. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda.” Penelitian ini dibimbing oleh Prof, Dr. Zurqoni. M.Ag sebagai pembimbing I dana Indriana rahmawati, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah tentang perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Ar-Rahmah Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ar-Rahmah Samarinda pada Desember 2020 sampai dengan bulan Setember 2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yaitu sebanyak 29 siswa.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Dengan desain keabsahan data yang meliputi Uji Validitas, dan Uji Realibilitas. Disamping itu adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi Uji Asumsi Normalitas, Uji Linearitas, Uji Hipotesis dan Uji Determine.
Hasil penelitian menunjukan dari uji validitas dengan variabel x terdapat 15 instrumen dan variabel y terdapat 12 instrumen dilanjutkan dengan uji reabilitas mendapatkan hasil variabel x yaitu rhitung > rtabel yaitu 0,869 > 0,367 dan variabel y yaitu rhitung > rtabel yaitu 0,844 > 0,367. Setelahnya untuk uji prasyarat yang pertama uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,091 > 0,05 dan yang kedua uji linearitas diketahui bahwa deviation from linearity atau nilai signifikansi sebesar 0,395 > 0,05 yang artinya hal ini variabel X berhubugan linear terhadap variabel Y. Dan berdasarkan hasil dari uji hipotesis perhitungan thitung diperoleh nilai sebesar 3,665 dan diinterpretasikan dengan nilai ttabel sebesar 2,045. Maka nilai thitung > ttabel yaitu 3,665 > 2,045 menunjukkan bahwasanya ada pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Perhatian itu dilihat dari cara orang tua melengkapi fasilitas atau kebutuhan anak dalam proses belajar apalagi dimasa pandemi fasilitas itu berupa paket data/kuota internet, laptop dan hp. Dengan itu semua anak akan termotivasi dalam belajar karena baginya sudah tidak ada alasan untuk tidak mengikuti proses belajar. Di samping itu juga bukan hanya fasilitas yang membuat anak termotivasi, tapi juga seperti dilihat dari besarnya hasil dari yang peneliti temukan ialah bahwa orang tua perlu mendengarkan keluh kesah anak dalam pembelajaran di masa pandemi, mendengarkan setiap permasalahan yang anak miliki dan mampu berkomunikasi dengan baik kepada anak. Oleh karena itu orang tua mampu menjadi teman curhat bagi anak yang menyenangkan dan membantu disetiap permasalahan yang anak punya apalagi di masa pandemi anak lebih merasakan lelahnya dalam pembelajaran. Dengan koefisien determinasi sebesar 33,2%. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang penulis ajukan diterima yaitu, terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI ArRahmah Samarinda | en_US |