Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Berau.
Abstract
ABSTRAK
Rohani Purnama Sari, 2022. ”Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Berau. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Dibawah bimbingan Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag sebagai pembimbing I dan Fathur Rahman, S.Si, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh realita yang terjadi dalam masyarakat terutama pada kalangan remaja. Dimana banyak sekali remaja-remaja yang dapat dikatakan memiliki perilaku sosial yang kurang baik, mulai dari sopan santun yang rendah sampai dengan tidak memperdulikan sesama. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Berau.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitaif. Pengumpulan data yang digunakan selama dilapangan penelitian berupa observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Adapun populasi dalam hal ini ialah seluruh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Berau, dengan penentuan sempel menggunakan teknik simple random sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Berau sebesar 0,425. Sesuai dengan skala intrepretasi, angka tersebut berada pada tingat pengaruh yang sedang. Selanjutnya pada pengujian hipotesis dengan signifikansi 5% dan degree of freedom 51 diperoleh nilai thitung sebesar 3.355 > 1.675 ttabel. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 penelitian ini diterima dan H0 ditolak.